Sembuhnya Pasien Cacar Monyet di Kota Bandung, Kadinkes: Sudah Dinyatakan Sehat

JABAR EKSPRES – Kasus cacar monyet atau monkeypox (mpox) di Kota Bandung untuk saat ini resmi dinyatakan nihil. Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung mengkonfirmasi bahwa pasien yang semula tertular penyakit ini telah sembuh.

Kepala Dinkes Kota Bandung Anhar Hadian mengatakan, pasien (cacar monyet) dinyatakan sembuh usai menjalani masa isolasi di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Kota Bandung, sejak akhir Oktober 2023 lalu.

“Sudah pulang secara klinis. Sudah dinyatakan sehat oleh RSHS karena telah 72 jam tidak menderita demam. Lesinya sudah bersih,” kata Anhar saat dikonfirmasi Jabar Ekspres, Rabu, 8 November 2023.

BACA JUGA: Monkeypox Sudah Masuk Bandung, Warga Cimahi Diimbau Tenang dan Waspada

“Jadi insyaallah sudah sehat 100 persen. Nah, hingga saat ini alhamdulillah tidak ada penambahan kasus. Baik yang confirm maupun yang suspect,” sambungnya.

Adapun untuk sementara ini, Dinkes Kota Bandung terus memantau kondisi keluarga pasien. Namun, dia memastikan bahwa tak ada sebaran (cacar monyet) yang ditularkan pasien terhadap anggota keluarga yang berjumlah tujuh orang tersebut.

Apalagi setelah melihat laporan berdasarkan pantauan puskesmas, kata Anhar, kondisi keluarga pasien dalam keadaan sehat. “Tidak ada yang bergejala,” katanya.

BACA JUGA: Dari 68 Titik, Pemkot Bandung Klaim Lokasi Langganan Banjir Tersisa 12

Namun, dirinya belum bisa secara pasti penyebab pasien tertular. Perlu ada konfirmasi langsung terhadap yang bersangkutan. Lalu hal ini, lanjut Anhar, diharapkan bisa dilakukan Dinkes Kota Bandung dalam waktu dekat.

“Terus terang belum bisa menyimpulkan. Kapan dan dimana penularan itu terjadi awalnya? Memang tidak mudah memetakan hal tersebut,” lanjutnya.

“Mungkin komunikasi kami dengan pasien juga baru akan dilaksanakan sesudah pasien pulang dari rumah sakit. (Selama) isolasi, kami tidak bisa berkomunikasi langsung,” pungkasnya. (zar)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan