15 Ide Baju Tema Hari Pahlawan, Bisa Membuat Orang Terpesona!

JABAR EKSPRES – Tidak lama lagi peringatan Hari Pahlawan akan digelar. Setiap tahunnya masyarakat Indonesia kerap memeriahkan Hari Pahlawan 10 November.

Ada beragam cara untuk bisa memeriahkan Hari Pahlawan, salah satunya dengan menggunakan kostum atau baju tema Hari Pahlawan.

Terdapat banyak pilihan baju tema Hari Pahlawan yang bisa dipilih untuk meraimakan hari tersebut, di antaranya dapat menggunakan pakaian guru, batik, dan lain sebagainya.

Jika kamu yang bingung ingin menggunakan baju apa ketika Hari Pahlawan maka dapat membaca 20 ide kostum di bawah ini.

20 Ide Baju Hari Pahlawan

1. Kemeja Merah dan Celana Putih

Apabila kamu memiliki jiwa nasionalisme yang tinggi maka kemeja merah dipadukan dengan celana putih dapat merepresentasikan jiwa patriotisme dirimu.

2. Pakaian Pahlawan

Ada banyak pakaian para pahlawan yang dapat dijadikan referensi olehmu, untuk laki-laki misalnya kamu dapat menggunakan pakaian seperti H.O.S Tjokroaminoto, Jenderal Soedirman, Pangeran Diponegoro, Bung Tomo, hingga Tan Malaka. Sementara untuk perempuan bisa melihat pakaian RA Kartini, Martha Christina Tiahahu, Cut Nyak Dhien, dan lainnya.

3. Kemeja Batik

Jika kamu tidak ingin ribet mencari baju tema Pahlawan maka kemeja batik dapat menjadi pilihan. Ada banyak jenis batik Indonesia yang bisa menjadi referensi untuk digunakan ketika Hari Pahlawan.

4. Pakaian Retro

Pakaian retro atau pakaian dengan gaya masa lalu bisa dijadikan acuan juga untuk digunakan. Pada umumnya gaya tersebut mulai tahun 1950-an sampai 1990-an.

5. Seragam Militer

Untuk menghormati para pahlawan maka seragam militer atau veteran dapat kamu kenakan. Contohnya menggunakan seragam loreng dengan sepatu boots.

6. Batik Motif Pahlawan

Pilihan berikutnya ialah batik motif pahlawan. Saat ini sudah cukup banyak toko-toko yang menjual batik bermotif pahlawan sehingga cocok dikenakan.

7. Baju Adat

Setiap daerah biasanya memiliki baju adat masing-masing, maka kamu dapat menggunakan baju adat daerah tempat asalmu. Contoh: Jika kamu tinggal di daerah Jawa Barat salah satu kostum yang dapat digunakan ialah pangsi.

Baca Juga: Contoh Naskah Pidato Hari Pahlawan 2023, Penuh Inspirasi tentang Keteladanan dan Perjuangan 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan