Kirab Pemilu 2024, KPU KBB Targetkan Partisipasi Masyarakat 90 Persen

JABAR EKSPRES  – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung Barat (KBB) melaksanakan Kirab Pemilu 2024 di Lapang Mekarsari, perkantoran Pemkab Bandung Barat, Selasa 7 November 2023.

Ketua KPU KBB, Rifqi Ahmad Sulaeman mengatakan, Kirab Pemilu dilaksanakan sebagai awal kesiapan penyelenggaraan dalam melaksanakan pesta demokrasi 2024. Selain itu, kegiatan ini juga dimaksudkan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam menyalurkan hak politiknya.

“Dalam tahapan kegiatan ini, semoga peserta Pemilu Parpol bisa berpedoman pada apa yang sudah ada dalam ketentuan-ketentuan yang ditetapkan KPU RI,” kata Rifqi di Ngamprah.

BACA JUGA: Soal Ketersediaan Beras, Pemprov Jabar: Aman!

Ia berharap, melalui sosialisasi tersebut partisipasi masyarakat pada Pemilu mendatang bisa meningkat. Pada Pemilu 2019, angka partisipasi masyarakat KBB berada di 86 %.

“Kitapun terus menggenjot, melalui sosialisasi ini agar angka itu meningkat. Minimal kita targetkan 90 persen,” ujarnya

Ia optimistis partisipasi masyarakat bisa meningkat jika melihat hasil partisipasi Pemilu 2019 di beberapa kecamatan sudah cukup tinggi yakni antara 90-91 %.

“Kita juga sudah melakukan sosialisasi ke beberapa kampus. Kemudian ke beberapa pesantren juga. Skema yang kita buat sekaligus mensosialisasikan DPTB,” jelasnya.

Ia menambahkan, Kirab Pemilu berlangsung selama 7 hari. “Selama 7 hari ini kita melaksanakan kiran mulai dari dapul satu hingga dapil lima. Kemudian tanggal 13 November bendera kirab ini kita berikan ke KPU Kabupaten Subang,” katanya.

“Selanjutnya beberapa tahapan hingga pelaksanaan kita lakukan. Dalam proses itu, kitaberharap untuk menjaga kondusifitas dalam menjalankan proses tahapan pemilu sehingga melahirkan pemilu di KBB yang berkualitas dan sukses tanpa ekses,” tandasnya. (Wit)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan