BNN dan Unpar Kampanyekan P4GN Melalui Festival Paduan Suara

BANDUNG – Setelah sukses menyelenggarakan Bandung Choral Festival 2022, Bandung Choral Society & Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) bersinergi dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) Republik Indonesia, kembali menghadirkan festival bergengsi bagi komunitas paduan suara yang bertajuk International Bandung Choral Festival 2023.

Kepala Bagian Umum BNN Provinsi Jawa Barat (Jabar) Tri Wahyu Astuti menjelaskan, festival ini merupakan sebuah rangkaian kegiatan perlombaan dan pertunjukan paduan suara bertingkat internasional dan akan digelar setiap tahun dengan tujuan memajukan kualitas dan kuantitas paduan suara di Indonesia.

“Untuk terus mendukung perkembangan paduan suara Indonesia, acara ini dilengkapi dengan berbagai aktivitas sosial, edukasi, konser persahabatan dan kolaborasi untuk menstimulasi komunikasi dan membangun persahabatan antar penyanyi, antar paduan suara Indonesia dan dunia,” ujar Tri, di Kampus Unpar Bandung, Selasa 7 Novermber 2023.

Tri menerangkan, festival paduan suara ini merupakan salah satu strategi pendekatan soft power yang dilakukan BNN dalam upaya Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN).

“Kampanye P4GN dibalut dengan edukasi artistik dalam alunan melodi indah dan harmonis diharapkan dapat membawa gagasan dan pesan untuk mampu menggelorakan semangat kebangsaan dalam war on drugs atau perang melawan narkoba,” katanya.

Sementara itu, Pranata Humas Ahli Muda Biro Humpro Settama BNN RI, Melani Ratna Sari menambahkan, selain menyediakan panggung kompetisi Internasional, festival ini dirancang untuk menarik ribuan penyanyi dari seluruh dunia datang ke Bandung dan menjadi media mempromosikan budaya dan pariwisata Jabar.

“Diharapkan acara ini mampu memberikan multiplier effect bagi masyarakat sekitar dalam sektor ekonomi kreatif dan pariwisata daerah,” harapnya.

Kompetisi ini dibuka untuk paduan suara internasional dengan dua tahap perlombaan. Yakni Choir Competition Round adalah kompetisi terbuka untuk seluruh paduan suara peserta meraih title ‘Category Winner’.

Kemudian, Choir Grand Prix adalah tahap kompetisi bagi paduan suara yang berhasil meraih ‘Category Winner’ ataupun paduan suara yang direkomendasikan oleh juri karna menampilkan nilai artistik yang tinggi untuk memperebutkan ‘Grand Prix Champion of IBCF 2023’.

”Tujuan aktifitas ini adalah untuk menjadi sarana interaksi dan inspirasi antar paduan suara untuk membangun hubungan persahabatan yang lebih luas, dengan harapan, semangat kolaborasi antar paduan suara akan lebih kokoh,” terangnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan