Ratusan Bangunan Alami Kerusakan Usai Diterjang Angin Puting Beliung

JABAR EKSPRES – Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Jawa Barat (BPBD Jabar), mencatat selama periode 1-5 November 2023 kemarin, terdapat 162 bangunan dari 15 laporan kejadian di 6 Kabupaten Kota mengalami kerusakan usai diterjang angin kencang atau puting beliung.

Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Jabar Hadi Rahmat mengatakan, 6 daerah yang terdampak tersebut, seperti Kota Bogor, Sukabumi, Cianjur, Kabupaten Bandung, Garut, dan Ciamis.

BACA JUGA: Dari Banjir hingga Puting Beliung, BPBD Jabar Catat Puluhan Bencana Alam

“Jadi dengan masuknya musim hujan atau pergantian musim ini, potensinya adalah seperti angin puting beliung. Dan tadi laporannya juga lumayan banyak, (kejadiannya) sekitar 15 laporan yang kami terima,” ucapnya saat dikonfirmasi, Senin, 6 November 2023.

Dengan adanya laporan tersebut, Hadi mengaku bahwa BPBD Jabar akan segera menggelar apel kesiapsiagaan sebagai langkah mitigasi bencana khsusnya hidrometeorologi.

“Dalam waktu dekat ini, kita akan segera mengadakan gelar pasukan kesiapsiagaam (bencana hidrometeorologi). Sehingga, dengan peralihan musim ini, kita harus menyiapkan diri, baik dari sisi personel ataupun sumber daya,” ujarnya.

BACA JUGA: Masuk Peralihan Musim, Pemkab Bandung Ingatkan Warga Waspada Cuaca Ekstrem

Maka dari itu, agar potensi bencana di musim peralihan atau pancaroba ini dapat dihindari, Hadi menuturkan bahwa BPBD Jabar akan terus mengimbau, khususnya kepada masyarakat untuk dapat meningkatkan kewaspadaannya.

“Karena ini sudah masuk kepada peralihan (musim), sehingga masyarakat diimbau untuk tetap siaga dan mencari perlindungan bila mana ada tanda-tanda akan adanya angin kencang ataupun hujan lebat. Jadi, kita tetap mengimbau kepada masyarakat untuk mempersiapkan diri, baik secara individu ataupun kelompok,” pungkasnya. (San)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan