Gaungkan Deklarasi Damai, Kirab Pemilu 2024 Kota Bogor Pawai di 6 Kecamatan

JABAR EKSPRES – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bogor bersama Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor menyambut bendera Kirab Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di Plaza Balai Kota Bogor pada Senin, 6 November 2023.

Kirab Pemilu 2024 yang digelar se-Jawa Barat itu sebelumnya diawali dari Indramayu. Kota Bogor mendapat giliran kirab setelah Cianjur dan Sukabumi.

Sebelum menggelar pawai berkeliling Kota Bogor, kegiatan itu diawali penandatanganan deklarasi pemilu damai yang dihadiri Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim, bersama jajaran Forkopimda Kota Bogor, Dandim 0621 Kota Bogor Kolonel Inf Fikri Ferdian, Kapolresta Bogor Kota Kombes Bismo Teguh Prakoso, Ketua DPRD Kota Bogor, Ketua KPU Kota Bogor, Ketua Bawaslu Kota Bogor dan Kajari Kota Bogor serta perwakilan ketua partai politik peserta Pemilu 2024.

BACA JUGA: Potensi Kerawanan Pemilu 2024 Ditekan Melalui Deklarasi Damai di Ciawi

“Kirab Pemilu hari ini digelar setelah penandatanganan deklarasi damai, kita akan pawai keliling Kota Bogor sepanjang 32 kilometer melewati enam kecamatan,” kata Ketua KPU Kota Bogor, Samsudin kepada wartawan usai deklarasi pemilu damai.

Pawai Kirab Pemilu 2024, sambung dia, dimulai dari Balai Kota Bogor di Jalan Ir. H. Juanda menuju Jalan Jenderal Sudirman ke arah Simpang Warung Jambu dan Jalan Pajajaran hingga Simpang Sukasari.

Rute dilanjutkan ke kawasan Empang, Pancasan ke arah Kecamatan Bogor Barat melalui Simpang Gunungbatu hingga ke Simpang Bubulak.

“Rute di Kota Bogor yang pasti akan melewati enam kecamatan di Kota Bogor. Dari Balai Kota ke Warung Jambu, kemudian arah Jalan Pajajaran sampai Baranangsiang bergeser ke arah BTM, Pancasan, Bogor Barat kemudian arah Bubulak. Kemudian ke arah Jalan Sholeh Iskandar, kemudian kembali ke Warung Jambu dan titik terakhir ke kantor KPU Kota Bogor,” jelas Samsudin.

Ia menekankan, digelarnya Kirab Pemilu sebagai ikhtiar dalam melakukan tahapan sosialisasi kepada masyarakat khususnya warga Kota Bogor tentang pelaksanaan pesta demokrasi tahun depan.

“Yang pertama yang ingin kami sampaikan adalah hari dan tanggal pemungutan suara yakni 14 Februari 2024, jadi saat ini pemilihan 99 hari lagi kita semua melakukan pencoblosan. Kedua parpol peserta pemilu akan kami sosialisasikan. Terhitung ada 18 parpol yang akan mengikuti pemilu. Ketiga, yang ingin kita imbau 22 hari lagi kita akan memulai masa kampanye dan akan berakhir di 10 Februari 2024,” paparnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan