Wamenlu Serahkan Bantuan Kemanusiaan Palestina kepada Bulan Sabit Merah Mesir, Ini Alasannya

JABAR EKSPRES – Wakil Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Pahala Mansury pastikan bantuan kemanusiaan yang diberikan dari Pemerintah RI untuk warga Palestina langsung diserahkan kepada Bulan Sabit Merah Mesir.

“Rencananya kami akan serahkan bantuan ke Bulan Sabit Merah Mesir. Kita sudah koordinasi intens dengan mereka yang dapat kewenangan dari Pemerintah Mesir,” katanya,” ungkapnya, seperti dikutip JabarEkspres.com dari ANTARA pada Sabtu, 4 November 2023.

Baca juga: Bantuan Kemanusiaan Palestina dari Baznas Terbagi Jadi Dua Tahap, Apa Saja?

Hal ini mengingat jalur penyaluran bantuan sekaligus jalur perlintasan manusia satu-satunya yang dibuka oleh zionis Israel hanya via Rafah yang berbatasan langsung dengan wilayah Gaza.

Diketahui, pihak yang akan menerima bantuan kemanusiaan untuk disalurkan kepada masyarakat Gaza adalah UNRWA  (United Nations Relief and Works Agency for Palestine Refugees in the Near East).

Pengiriman batch pertama yang akan dilakukan hari ini berupa alat-alat kesehatan, sanitasi, makanan, kantong tidur, dan perlengkapan musim dingin dengan total berat 51 ton.

Pengangkutan akan dilakukan menggunakan dua pesawat C-130 Hercules dengan nomor ekor A-1327 dan A-1328 dari Skadron Udara 31 dan Skadron Udara 32 TNI AU.

Rute yang akan dilalui oleh kedua pesawat tersebut untuk mengantar bantuan kemanusiaan ke Gaza, yakni Lanud Halim Perdanakusuma (Jakarta)-Aceh-Yangon (Myanmar)-New Delhi (India)-Abu Dhabi (Uni Emirat Arab)-Jeddah (Arab Saudi)-El Arish (Mesir).

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) melepas bantuan kemanusiaan di Base Ops Pangkalan Udara (Lanud) TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Sabtu 4 November 2023 pagi.

Baca juga: DPR Amerika Serikat Setuju Berikan Bantuan Militer Rp225 Triliun untuk Israel

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan