Tarif Langganan YouTube Premium Naik November 2023, Berlaku di Indonesia?  

JABAR EKSPRES – Baru-baru ini, dikabarkan banyak pengguna YouTube Premium menerima email pemberitahuan yang menginformasikan tarif langganan bulanan mengalami kenaikan mulai tanggal 1 November 2023.

Apakah tarif langganan YouTube Premium yang naik ini berlaku di Indonesia? Simak penjelasannya berikut ini.

Dilansir dari laman The Times of India, tarif langganan YouTube Premium yang naik dilakukan secara bertahap di beberapa daerah, seperti Eropa, Asia-Pasifik dan Amerika Selatan.

Mulai bulan 1 November, pengguna YouTube Premium di Argentina, Australia, Austria, Cile, Jerman, Polandia, dan Turki akan menghadapi peningkatan harga untuk berbagai paket, termasuk paket individu, keluarga, dan pelajar, baik untuk YouTube Premium maupun YouTube Music Premium.

Sebelumnya, peningkatan harga YouTube Premium diterapkan di Amerika Serikat sejak bulan Juli, dan sekarang diperluas ke tingkat internasional.

Pada bulan Juli, tarif langganan YouTube Premium yang naik di Amerika Serikat, dengan biaya bulanan untuk paket individu naik dari $11,99 menjadi $13,99, sementara tarif paket keluarga tetap $22,99 per bulan. Tarif paket pelajar tetap tidak mengalami perubahan dan tetap sebesar $7,99 per bulan.

Adapun terkait tarif langganan YouTube Premium yang naik ini diterapkan pada waktu yang berbeda di Eropa, Asia-Pasifik, dan Amerika Selatan. Tidak semua negara di wilayah tersebut mengalami peningkatan harga secara bersamaan.

BACA JUGA: Trending nomer 1 di Youtube, ini Lirik Lagu Wirang – Denny Caknan

Pelanggan saat ini akan mulai melihat perubahan harga pada siklus penagihan selanjunya. Dalam email pengumuman, YouTube menjelaskan bahwa mereka mengambil keputusan ini dengan cermat dan peningkatan harga akan digunakan untuk terus meningkatkan layanan Premium mereka dan mendukung para pembuat konten dan artis di platform mereka.

Kenaikan harga ini datang beberapa hari setelah YouTube mulai mengambil tindakan terhadap pengguna yang menggunakan pemblokir iklan. Pengguna yang memiliki pemblokir iklan diberi peringatan untuk mematikannya jika mereka ingin terus menonton video atau berlangganan YouTube Premium. Setelah tiga peringatan, pemutaran video akan dinonaktifkan.

BACA JUGA: ‘Sayonara Crawl’ Trending di YouTube! Ini Dia Lirik Lagu Perpisahan Shani JKT48

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan