Link Download PDF UU ASN 20/2023, Ada Pasal Jaminan Pensiun hingga Hari Tua Bagi PNS dan PPPK?

JABAR EKSPRES – Berikut link download PDF UU ASN 20/2023 yang banyak dicari, terdapat penjelasan pasal tentang hak dan kewajiban ASN.

UU ASN atau Undang-Undang (UU) Nomor 20 Tahun 2023 mengenai Aparatur Sipil Negara (ASN) telah resmi ditandatangani oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan diundangkan pada 31 Oktober 2023.

Adapun UU ASN Nomor 20 tahun 2023 ini menggantikan UU Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara.

Berdasarkan isi dalam UU Nomor 20 tahun 2023 ini, ASN merujuk kepada aparatur sipil negara yang terdiri dari pegawai negeri sipil (PNS) dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK).

Salah satu pasal yang banyak disoroti oleh warganet di media sosial adalah, pasal tentang hak jaminan sosial seperti pensiun hingga jaminan hari tua untuk ASN.

BACA JUGA: Rangkuman Sejarah UUD 1945 Materi TWK CPNS dan Link PDF

Pasal Berapa tentang Hak Jaminan Sosial untuk ASN?

Setelah ditelusuri, pasal yang menjelaskan tentang hak dan kewajiban pegawai ASN dapat diketahui dalam BAB VI UU Nomor 20 tahun 2023. Pada bagian kesatu terdiri dari Pasal 21, 22 dan 23 dijelaskan hak pegawai ASN.

Pasal 21 dijelaskan bahwa pegawai ASN memiliki hak untuk menerima penghargaan dan pengakuan, baik dalam bentuk materiel maupun nonmateriel. Penghargaan dan pengakuan ini mencakup berbagai komponen seperti penghasilan, penghargaan yang bersifat motivasi, tunjangan dan fasilitas, jaminan sosial, lingkungan kerja, pengembangan pribadi, serta bantuan hukum.

Kemudian jaminan sosial tersebut kemudian dirincikan terdiri atas:

  1. jaminan kesehatan
  2. jaminan kecelakaan kerja
  3. jaminan kematian
  4. jaminan pensiun
  5. jaminan hari tua

BACA JUGA: 5 Link PDF Materi Bela Negara TWK CPNS 2023: Contoh Sikap hingga Dasar Hukum

Untuk lebih lengkapnya, berikut dapat diketahui lebih lengkapnya dengan mengunduh melalui link download PDF UU ASN 20/2023.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan