Polri Kirim Bantuan Kemanusiaan 26,5 Ton untuk Warga Palestina

Jabar Ekspres – Indonesia kembali menunjukkan kepeduliannya kepada warga Palestina dengan mengirimkan bantuan kemanusiaan seberat 26,5 ton. Bantuan tersebut terdiri atas peralatan kesehatan, obat-obatan, tenda, selimut, dan jaket.

Bantuan kemanusiaan tersebut dikirim oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) menggunakan pesawat carteran yang disiapkan khusus Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo.

BACA JUGA: Indonesia Akan Kirim Bantuan Kemanusiaan ke Palestina, Ini Agendanya

“Hari ini telah dilepas oleh Bapak Presiden bantuan kemanusiaan Pemerintah Indonesia untuk warga Palestina di Gaza. Dari total 51,5 ton barang yang dikirim Pemerintah Indonesia, sebanyak 26,5 ton di antaranya pengirimannya dikelola Polri,” kata Krishna usai pelepasan di Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta Timur, Sabtu (4/11).

Pesawat tersebut berangkat dari Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, pada hari Sabtu, 4 November 2023, dan tiba di Bandara El-Arish, Mesir, pada hari Minggu, 5 November 2023.

“Kami harus tiba di Bandara El-Arish (Mesir) empat jam dari perbatasan itu pada tanggal 6 November pukul 13.30. Artinya, kami harus menyesuaikan keberangkatan kami dan kedatangan kami dengan Pesawat Hercules,” katanya.

Bantuan tersebut diserahkan kepada Otoritas Palestina di Gaza oleh Kepala Divisi Hubungan Internasional (Kadiv Hubinter) Polri Irjen Pol. Krishna Murti. Dalam kesempatan tersebut, Krishna mengatakan bahwa bantuan tersebut merupakan bentuk solidaritas Indonesia terhadap warga Palestina yang telah lama mengalami konflik.

Mantan Direskrimum Polda Metro Jaya itu mengatakan bantuan kemanusiaan yang dikirim Mabes Polri itu terdiri atas 6,5 ton peralatan kesehatan dan obat-obatan dari Kementerian Kesehatan, serta 100 tenda pleton yang masing-masing tenda bisa memuat 50 orang.

BACA JUGA: Indonesia Kirim Bantuan Kemanusiaan 51,5 Ton untuk Rakyat Palestina di Gaza

“Artinya, kalau 100 tenda pleton itu bisa memuat 5.000 orang, selimut antidingin, dan jaket. Karena kita sudah memasuki bulan Desember, suhunya pasti dingin di daerah Gaza,” kata Krishna.

Pengiriman bantuan kemanusiaan ini merupakan wujud nyata kepedulian Indonesia terhadap penderitaan warga Palestina. Bantuan tersebut diharapkan dapat membantu warga Palestina yang membutuhkan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan