Makna Simbol Semangka yang Digunakan untuk Mendukung Palestina

JABAR EKSPRES – Saat ini simbol semangka menjadi viral di beragam media sosial, baik di platform Meta, TikTok, dan lain sebagainya.

Lantas apa sebenarnya maksud dari simbol tersebut? Semangka telah menjadi simbol solidaritas Palestina selama perang antara Israel dan Hamas. Ratusan pengguna media sosial telah mengunggah emoji semangka untuk mengekspresikan dukungan mereka terhadap Palestina. Simbol semangka memiliki makna yang dalam bagi masyarakat Palestina karena warna semangka (merah, putih, hitam, dan hijau) juga merupakan warna bendera Palestina. Buah ini tumbuh di seluruh Palestina dan melambangkan budaya dan identitas negara tersebut.

Sejarah simbol semangka sebagai perlawanan terhadap penindasan Israel terhadap identitas Palestina dimulai setelah Perang Enam Hari pada tahun 1967. Pemerintah Israel melarang pengibaran bendera Palestina dan larangan ini juga mencakup warna-warna bendera Palestina, termasuk warna semangka.

Baca Juga: Sejarah Semangka Menjadi Simbol Solidaritas Palestina

Seorang seniman Palestina, Sliman Mansour, mengungkapkan bahwa buah semangka pun akan disita jika digambar atau digunakan sebagai simbol protes. Oleh karena itu, warga Palestina mulai menggunakan semangka sebagai simbol protes yang dilukis dalam seni, dijadikan kaos, graffiti, poster, dan digunakan sebagai emoji di media sosial.

Meskipun larangan terhadap bendera Palestina dicabut setelah Perjanjian Oslo pada tahun 1993, beberapa warga Palestina masih mengklaim bahwa larangan tersebut tidak sepenuhnya dicabut. Pada tahun 2007, seorang seniman Palestina, Khaled Hourani, mendesain “bendera semangka” untuk sebuah buku tentang Palestina.

Pada tahun 2021, penggunaan tersebut kembali muncul setelah pengadilan Israel memutuskan penggusuran keluarga Palestina di Yerusalem Timur. Bendera Palestina juga menjadi sorotan pada tahun 2023 setelah pemerintah Israel mengeluarkan instruksi untuk menyita bendera Palestina dari tempat-tempat umum.

Sebagai protes terhadap tindakan tersebut, organisasi perdamaian Arab-Israel memasang poster-poster semangka di taksi-taksi di Tel Aviv dengan pesan bahwa ini bukanlah bendera Palestina. Simbol semangka terus menjadi simbol solidaritas Palestina dalam perjuangan mereka melawan penindasan dan pelecehan hak asasi manusia yang dilakukan oleh Israel.

Baca Juga: Hamas Bukan ISIS! Berikut Perbedannya yang Perlu Diketahui

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan