Viral Semangka Palestina Ramai di Medsos, Ternyata Ini Artinya

JABAR EKSPRES- Arti buah semangka digunakan oleh masyarakat sebagai ekspresi atau tanda dukungan terhadap Palestina. Fenomena ini telah menjadi viral di media sosial. Mungkin masih ada pertanyaan mengenai makna semangka sebagai simbol dukungan terhadap Palestina. Secara filosofis, semangka memiliki berbagai elemen yang mencerminkan warna bendera Palestina.

Warna hijau pada kulit semangka, warna merah di dalamnya ketika dikupas, biji berwarna hitam, dan bagian putih di dalam semangka semuanya melambangkan elemen-elemen warna dalam bendera Palestina. Oleh karena itu, semangka dianggap sebagai buah yang paling mencerminkan Palestina dan digunakan sebagai simbol solidaritas serta dukungan terhadap Palestina.

BACA JUGA: VIRAL! Ibu Tunggal Ini Rela Bekerja Keras Demi Biaya Kuliah Anaknya, Tapi Anaknya Malah Berfoya-foya dengan Pacarnya

Gambar arti buah semangka menjadi populer di media sosial sebagai cara untuk mengekspresikan dukungan terhadap Palestina, terutama seiring dengan peristiwa konflik antara Israel dan Hamas sejak 7 Oktober lalu. Buah semangka dengan daging merah dan biji penuh ini muncul dalam berbagai unggahan warganet serta demonstrasi pro-Palestina di berbagai negara.

Sejarah penggunaan semangka sebagai simbol Palestina tidak baru. Penggunaan arti buah semangka ini pertama kali muncul setelah Perang Enam Hari pada tahun 1967, ketika Israel menduduki Tepi Barat, Gaza, dan mencaplok Yerusalem Timur.

Pada saat itu, pemerintah Israel melarang penggunaan bendera Palestina, sehingga orang-orang Palestina mencari cara kreatif dengan menggunakan semangka. Saat buah semangka dibelah, tampilan dalamnya menyerupai bendera nasional Palestina, dengan daging merah, biji hitam, dan kulit hijau. Namun, pemerintah Israel dengan cepat menyadari makna simbolis atau arti semangka Palestina ini dan memperluas larangan terhadap gambar semangka serta segala sesuatu yang mencakup tiga warna tersebut.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan