Masalah Kabel Udara Masih Disorot Pemkot Bandung

JABAR EKSPRES – Dua lajur kabel jaringan di wilayah jalan Dago dan Riau, baru selesai dirapikan Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo).

Sub Koordinator Evaluasi Diskominfo Kota Bandung, Ganjar menilai kondisi kabel udara tersebut sudah mengkhawatirkan, pasalnya nyaris jatuh atau turun hingga menyentuh ke ruas jalan.

“Sudah hampir semua turun ke bawah dan beberapa titik kita ada perapihan (kabel udara). Jadi, biasanya kita iket kabelnya agar tidak berantakan,” ungkap Ganjar saat dikonfirmasi wartawan, Kamis, 2 November 2023.

BACA JUGA: Moda Transportasi Kereta Cepat Whoosh Terus Diupayakan

“Nanti akan kami coba (memantau) ke sebelah ruas jalan lain. Setelah Jalan Dago dan Jalan Riau,” tambahnya.

Dia menuturkan, Diskominfo Kota Bandung rencananya, dalam waktu dekat, akan merapikan kabel yang nyaris menjuntai itu. Hingga ke belasan titik lokasi.

Kendati demikian, dirinya mengaku bahwa kabel udara yang saat ini menjadi fokus disorot Pemkot Bandung, yakni di sekitar jalan Riau. Serta itupun, lanjutnya, telah diturunkan.

BACA JUGA: Pemanfaatan Lahan di Cijeruk Gagal, Pemkot Bandung Bermanuver Coba Manfaatkan TPSA Cibereum Sumedang

Selain kabel, sejumlah tiang-tiang dari kabel fiber optik itu sendiri, dilakukan perapian hingga penurunan. “Jadi semua sudah turun ke bawah dan insyaallah sudah rapi untuk jalan Riau di tahun 2023 ini,” tuturnya.

Organisasi perangkat daerah (OPD) lainnya pun dikerahkan. Diskominfo Kota Bandung hingga saat ini telah berkoordinasi dengan Dinas PUPR dan Dishub. Termasuk komunikasi antara perusahaan provider yang berkaitan.

“Dan beberapa teknis terkait estetika kota termasuk Dinas Pertamanan dan Pemukiman,” pungkasnya. (zar)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan