BPBD Kota Sukabumi Catat 26 Kejadian Kebencanaan Selama Oktober 2023

JABAR EKSPRES – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi, mencatat 26 kejadian kebencanaan yang terjadi selama Oktober 2023.

Hal tersebut dikonfirmasi langsung oleh Kepala Pelaksana BPBD Kota Sukabumi, Novian Rahmat, yang membenarkan hal tersebut.

“Di bulan Oktober lalu terjadi 26 kejadian kebencanaan,” ujarnya pada Kamis, 2 September 2023.

Dari data yang diterima Jabar Ekspres, kejadian yang terjadi selama bulan Oktober 2023 itu di dominasi oleh amukan si jago merah, tercatat 16 kali peristiwa kebakaran pada bulan tersebut.

Baca juga: Pj Wali Kota Cimahi Dorong Stabilitas Harga Pangan Melalui Gerakan Pasar Murah

“Dari 16 (kejadian) kebakaran, 8 kali kebakaran lahan, dua kali kebakaran rumah, satu kali kebakaran Tempat Pembuatan Akhir (TPA Cikundul), satu kali kebakaran kandang ayam, dan tiga kali kebakaran akibat instalasi listrik,” jelasnya.

Kemudian, terjadi delapan kali cuaca ekstrem, sebab pada beberapa waktu lalu Kota Sukabumi sempat diguyur oleh volume air hujan yang cukup tinggi. “Terjadi delapan kali cuaca ekstrem,” lanjutnya.

Delapan kali cuaca ekstrem itu dengan rincian, satu kali terjadi angin puting beliung, dua atap rumah rumah ambruk, empat pohon tumbang yang salah satunya menimpa atap rumah warga di Kelurahan Baros. Serta satu tanggul jebol di daerah skip, yang mengakibatkan halaman salah satu pesantren tergenang banjir.

Kemudian dua kali terjadi banjir disebabkan oleh talud ambruk, dan banjir lintasan yang terjadi di Jalan Pelabuhan II Kelurahan Cipanengah, yang disebabkan karena intensitas hujan tinggi, dan berdampak tergenangnya jalan. (Mg9)

Baca juga: Kasus Pembalakan Liar Desa Batulawang Kota Banjar Terus Bergulir, Polisi Gelar Perkara

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan