Lansia di Kota Bogor Bakal Lebih Diberdayakan

JABAR EKSPRES – Lembaga Lanjut Usia Indonesia (LLI) Jawa Barat mendorong Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor turut memberikan peran dan dukungannya kepada LLI Kota Bogor dalam hal pemberdayaan lansia di Kota Bogor.

Hal itu diungkapkan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor, Syarifah Sofiah. Ia menyebut, pihaknya telah menerima audiensi LLI Jawa Barat di Balai Kota Bogor belum lama ini.

Dalam kesempatan itu, sambung dia, banyak hal yang dititipkan agar LLI di Kota Bogor bisa turut berperan. Sebab, sejauh ini LLI Kota Bogor sudah mempunyai SK Wali Kota.

“Perda Perlindungan dan Pemberdayaan Lansia juga segera disetujui DPRD Kota Bogor,” ungkapnya dikutip Rabu, 1 November 2023.

Baca juga: Kasus Cacar Monyet Bertambah, Dinkes Jabar: Total Ada 3 Orang

Selain itu, kata Syarifah, Pemkot Bogor tengah berencana mempersiapkan lokasi khusus di Taman Malabar, Kecamatan Bogor Timur untuk dijadikan Taman Lansia yang bisa menjadi tempat kumpul lansia untuk diskusi, senam atau pengajian.

LLI Kota Bogor juga, lanjut dia, turut memberikan ide dan saran untuk membuat kafe lansia dan urban farming di lokasi yang sama.

Kafe lansia dan urban farming tersebut diharapkan dapat meningkatkan aktivitas lansia supaya tidak diam saja yang berdampak lansia jadi cepat pikun.

“Dari LLI Kota Bogor sudah banyak melakukan berbagai kegiatan, termasuk melakukan roadshow ke fasilitas publik agar ramah lansia.  Program-program bagi lansia ini sejalan dengan visi Kota Bogor sebagai kota ramah keluarga, karena lansia termasuk bagian dalam keluarga selain juga anak, ayah dan ibu,” paparnya.

Sementara itu, Ketua LLI Kota Bogor, Aisyah Wan Grainie mengatakan, dilaksanakannya audiensi itu bertujuan untuk melindungi lansia di Kota Bogor dengan cara berkolaborasi dengan Pemkot Bogor, karena LLI merupakan mitra pemerintah dan tidak bisa bekerja sendirian.

Ia menuturkan, target LLI ke depan yakni memiliki kafe lansia untuk memberdayakan lansia sekaligus sumber pemasukan bagi lansia, karena diksi LLI yakni Peran Bukan Beban.

Terkait urban farming di lokasi yang sama dengan kafe lansia, jelas dia, lantaran pihaknya ingin menanam tanaman langka yang bisa dinikmati pengunjung kafe lansia.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan