Daftar 5 Bansos November 2023 yang Siap Cair!

JABAR EKSPRES – Pada bulan November 2023, pemerintah Indonesia akan menyalurkan sejumlah program bantuan sosial (bansos) kepada masyarakat.

Beberapa bansos di bulan November 2023 yang akan dicairkan antara lain Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), Bantuan Langsung Tunai (BLT) El Nino, dan Program Indonesia Pintar (PIP) dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Berikut daftar bansos November 2023 yang akan cair dengan keterangannya.

1. Bansos PKH

Pemerintah akan mencairkan bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) tahap 4 mulai Oktober hingga Desember 2023. Para penerima manfaat yang belum menerima PKH kemungkinan besar akan mendapatkan bantuan pada bulan ini. Besaran bantuan PKH berbeda-beda tergantung pada komponen dan jumlah orang dalam keluarga penerima manfaat.

Kementerian Sosial telah menetapkan tujuh kategori penerima bantuan PKH, yaitu balita berusia 0-6 tahun, ibu hamil dan masa nifas, siswa sekolah dasar, siswa sekolah menengah pertama, siswa sekolah menengah atas, lansia berusia 70 tahun ke atas, dan penyandang disabilitas berat. Bantuan yang diterima berkisar antara Rp3juta  per tahun atau Rp75 ribu per tahap untuk balita dan ibu hamil, hingga Rp2,4 juta per tahun atau Rp600 ribu per tahap untuk lansia dan penyandang disabilitas berat. Petugas dari Kantor Pos terlihat sedang mendata penerima manfaat yang menerima bantuan sembako dan PKH.

2. BPNT

Bansos selanjutnya yang akan disalurkan pada bulan November 2023 adalah program BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai) atau Kartu Sembako.

Selain Program Keluarga Harapan (PKH) tahap 4, pemerintah juga memberikan bantuan sosial BPNT reguler untuk periode Oktober hingga Desember 2023. Penerima akan menerima bantuan sembako berupa uang tunai sebesar Rp200 ribu per bulan.

Namun, biasanya Kemensos melalui Dinas Sosial di daerah masing-masing langsung mencairkan bantuan untuk tiga bulan sekaligus. Dengan demikian, setiap penerima dapat mengantongi sejumlah Rp 600 ribu untuk tiga bulan.

Baca Juga: Bansos BPNT Tahap 5 Tahun 2023 Resmi Cair! Cek Sekarang

3. PIP

Program Indonesia Pintar (PIP) juga akan dilanjutkan pada bulan November untuk membantu pendidikan anak-anak di Indonesia. Program ini memberikan bantuan kepada anak usia sekolah untuk membeli peralatan sekolah dan biaya pendidikan. Rincian lebih lanjut mengenai program ini masih akan diumumkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan