Daftar 5 Bansos November 2023 yang Siap Cair!

Program ini terbagi dalam tiga tahap, yaitu Tahap 1 dari Februari hingga April, Tahap 2 dari Mei hingga September, dan Tahap 3 dari Oktober hingga Desember.

Bantuan tunai PIP bervariasi berdasarkan jenjang pendidikan. Untuk siswa SD/SDLB/Paket A, bantuan tunai adalah Rp450.000 per tahun, siswa SMP/SMPLB/Paket B adalah Rp750 ribu per tahun, dan siswa SMA/SMK/SMALB/Paket C adalah Rp1 juta per tahun.

Untuk mengecek penerima bantuan PIP Ristek Kemendikbud, dapat mengunjungi laman SIPINTAR melalui tautan pip.kemdikbud.go.id dan masukan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) dan Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada kolom “Cari Penerima PIP”.

4. BLT El Nino

Bantuan pertama yang akan diberikan kepada keluarga penerima manfaat pada November 2023 adalah Bantuan Langsung Tunai El Nino (BLT El Nino). Bantuan ini akan diberikan kepada 18,8 juta keluarga dengan total anggaran sebesar Rp 7,52 triliun. Keluarga penerima manfaat tersebut tercatat sebagai penerima bantuan sembako dalam data Kemensos.

Masyarakat akan menerima Rp200 ribu selama dua bulan, yaitu pada bulan November dan Desember, sehingga total bantuan yang diterima adalah Rp400 ribu. Untuk mengecek apakah seseorang termasuk dalam daftar penerima bantuan, dapat dilakukan melalui website resmi Kemensos.

Caranya adalah dengan membuka halaman cekbansos.kemensos.go.id, mengisi nama provinsi, kabupaten, kecamatan, dan desa atau kelurahan, memasukkan nama penerima sesuai KTP, dan memasukkan kode huruf yang tertera pada kotak. Setelah itu, klik “cari data” dan halaman akan menampilkan nama-nama penerima manfaat sesuai dengan wilayah yang dimasukkan.

5. Bantuan Pangan

Pemerintah Indonesia mengumumkan bahwa mereka akan melanjutkan program bantuan pangan berupa beras kepada keluarga miskin yang terdampak fenomena El Nino. Presiden Joko Widodo berharap bantuan ini dapat diterima oleh keluarga penerima manfaat sebanyak tiga kali hingga bulan November 2023.

Bantuan pangan cadangan beras pemerintah (CBP) tersebut telah diberikan sekali atau dua kali kepada beberapa keluarga penerima manfaat pada bulan September, Oktober, dan November. Menurut Presiden Joko Widodo, pada bulan November ini, diharapkan semua keluarga penerima manfaat sudah menerima bantuan ini sebanyak tiga kali.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan