Hadapi Musim Hujan, Pemda KBB Lakukan Pemetaan Titik Bencana

JABAR EKSPRES – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung Barat akan melakukam mitigasi dan kesiapsiagaan menghadapi bencana hidrometeorologi, seiring datangnya awal musim hujan pada November 2023.

Pj Bupati Bandung Barat Arsan Latif, mengatakan salah satu upaya mitigasi dan kesiapsiagaan bencana di wilayahnya. Pihaknya akan melakukan koordinasi dengan berbagai unsur pentahelix, mulai dari BPBD KBB hingga Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lainnya.

“Kita sudah bahas ini dengan BPBD, dan kita sudah mempersiapkan dalam menghadapi musim penghujan ini,” kata Arsan Latif di Ngamprah, Selasa (31/10/2023).

Menurutnya, BPBD KBB sudah mulai mengantisipasi wilayah rawan bencana longsor yang tersebar di 16 kecamatan ketika musim hujan tiba.

BACA JUGA: 1 Kasus Positif Cacar Monyet Ditemukan di Bandung, Dinkes Jabar Keluarkan Surat Edaran Waspada

Untuk mencegah terjadinya bencana di musim hujan, salah satu langkah yang akan dilakukan yakni melakukan pemetaan di beberapa titik rawan longsor.

“Dalam waktu dekat kita akan kumpulkan semua Camat untuk melakukan pemetaan kawasan yang rawan longsor. Karena pemerintah harus menyiapkan segala kemungkinan dalam menghadapi musim hujan,” katanya.

“Sementara untuk titiknya kami masih mendata. Jadi nanti para camat di wilayah pun memberikan datanya,” tambahnya.

Sementara Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung Barat, Jarot Prasetyo mengatakan, peralihan kemarau ke musim hujan menjadi fokus perhatiannya dalam menanggulangi banjir.

BACA JUGA: Bikin Geger! Mayat Laki-laki Ditemukan di Aliran Sungai Ciwidey Bandung

“Kami sudah punya mitigasi di wilayah-wilayah tertentu yang notabene sering berpotensi banjir ataupun bencana longsor ,” kata Jarot.

Berdasarkan informasi dari laman Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Jawa Barat mengeluarkan peringatan dini. Masyarakat diingatkan untuk mewaspadai hujan dengan intensitas sedang hingga dan angin kencang sesaat yang diprediksi terjadi pada November 2023.

Prediksi BMKG, cuaca pada wilayah Bandung hari ini meski didominasi cerah dan berawan. Namun, BMKG memprediksi akan adanya hujan ringan dan hujan sedang pada siang sampai malam untuk beberapa hari ke depan. (Wit)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan