Sepeda Motor Terbakar di Jalan Sholis Bogor, Ini Penyebabnya!

BOGOR, JABAR EKSPRES – Satu unit motor jenis manual hangus terbakar di Jalan Sholeh Iskandar (Sholis), Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor pada Senin, 30 Oktober 2023. Beruntungnya tak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

Detik-detik kejadian yang menghanguskan motor dengan nomor polisi B 3626 TPF itu berhasil terekam video amatir warga yang memperlihatkan besarnya kobaran api hingga mengepulkan asap hitam ke udara. Saat itu arus lalulintas di sekitar lokasi kejadian terbilang lenggang.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Bogor, Samson Purba membenarkan peristiwa tersebut. Ia menjelaskan, pihaknya menerima laporan warga pukul 07.50 WIB.

BACA JUGA: Masuk Wilayah Hukum Bogor, Akankah Warpat Direlokasi Seperti PKL?

Satu unit mobil pemadam kebakaran (Damkar) dari Tim Regu 1 Posko Yasmin langsung dikerahkan dan berhasil memadamkan kobaran api.

“Warga menelpon ada terjadi kebakaran. Tim langsung bergerak dan tiba dilokasi kejadian pukul 07.57 WIB. Penanganan objek terbakar sekitar lima menit dan berhasil dipadamkan,” ungkapnya saat dihubungi Jabar Ekspres Senin, 30 Oktober 2023.

Pihaknya mencatat, pemilik kendaraan bernama Sandy yang merupakan warga Gunung Bundar, Pamijahan, Kabupaten Bogor.

Berdasarkan hasil pemeriksaan awal, Damkar menduga peristiwa itu diakibatkan oleh masalah kelistrikan hingga menimbulkan percikan api dan menyambar bagian tangki bahan bakar.

BACA JUGA: Truk Terguling di Palasari Sukabumi, Diduga Patah As

“Diakibatkan dari arus pendek konsleting listrik yang mengakibatkan mengeluarkan api dan menyambar ketangki bansin,” paparnya.

Samson mengingatkan masyarakat, khususnya para pengendara agar selalu berwaspada agar terhindar dari peristiwa serupa. Hal itu dapat diantisipasi dengan melakukan servis kendaraan secara berkala khususnya bagian kelistrikan.

“Kami imbau masyarakat untuk tetap memperhatikan kondisi kenderaannya, khususnya kabel-kabel kelistrikannya,” dorongnya.

Sementara itu, Kasatlantas Polresta Bogor Kota, Kompol Galih Apria menuturkan, usai penanganan dari Damkar pihaknya langsung melakukan pemeriksaan terhadap pengendara dan kendaraan yang terbakar.

“Info dari pengendara, adanya kebocoran selang tangki bensin ke karbu motor. Sehingga ada percikan api dari kabel-kabel motor,” singkatnya. (YUD)

BACA JUGA: 58 PKL Stasiun Bojonggede Diultimatum Satpol PP, Ini Sebabnya!

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan