Sebanyak 14 KPU Kota Kabupaten di Jabar Terima Kiriman Logistik Pemilu

JABAR EKSPRES – Proses distibusi logistik untuk Pemilihan Umum (pemilu) 2024 masih berlangsung. Sedikitnya sudah ada 14 Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kabupaten yang telah mendapat kiriman logistik di wilayah Jawa Barat (Jabar).

Kepala Bagian Keuangan, Umum dan Logistik KPU Jabar Anton Firmansyah mengungkapkan, dalam tahap I pengadaan logistik ini baru dua jenis yang di distribusikan. Yakni kotak suara dan bilik suara.

Anton menguraikan, distribusi logistik itu juga beragam ke KPU Kota Kabupaten. Ada yang sudah mendapat kiriman kotak suara, ada yang bilik suara, ada juga yang sudah kedua-duanya. “Memang belum semua,” jelasnya kepada Jabar Ekspres, Senin (30/10).

BACA JUGA: Pemilihan Komisioner di Sukabumi Harus Diulang, Begini Penyebabnya

Anton merincikan, per 30 Oktober ini KPU yang telah mendapat kiriman kotak suara adalah, KPU Kabupaten Bogor, Kabupaten Bandung, Kabupaten Garut, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Karawang, Kabupaten Bandung Barat, Kota Sukabumi dan Kota Bekasi.

Kemudian yang sudah mendapat kiriman bilik suara adalah KPU Kabupaten Bandung, Kabupaten Garut, Kabupaten Kuningan, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Subang, Kabupaten Karawang, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Pangandaran, Kota Sukabumi, Kota Bekasi, dan Kota Cimahi.

Sementara itu, Ketua KPU Jabar Ummi Wahyuni memastikan bahwa dari 27 KPU Kota Kabupaten di Jabar telah siap untuk menerima distribusi logistik dari KPU RI. Logistik pemilu seperti bilik suara, hingga surat suara itu bakal ditempatkan di gudang khusus. “Sudah kami pastikan 27 KPU Kota Kabupaten siap terkait gudang logistik,” jelasnya beberapa hari lalu.

BACA JUGA: Baliho Caleg Bertebaran di Kota Banjar, Tim Gabungan Lakukan Penertiban

Proses pengadaan logistik untuk Pemilu 2024 ini juga terpusat oleh KPU RI. Dari data yang dihimpun, ada beberapa logistik pemilu yang tengah diproduksi dalam tahap I ini. Yakni, 4.164.552 kotak suara, 3.280.644 bilik suara, 1.640.322 botol tinta, 93.850.362 keping segel dan 24.364.432 kabel ties.

Pada tahap dua nanti, KPU bakal fokus untuk pengadaan surat suara. Produksi surat suara juga menyesuaikan denga Daftar Calon Tetap (DCT) yang kini tengah dibahas KPU. Sementara di Jabar, jumlah bacalonnya juga tidak sedikit. Pada tahap penetapan Daftar Calon Sementara (DCS) lalu, total ada 1.854 bacalon yang lolos. (son)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan