Penerbangan Beralih ke BIJB, Bandara Husein Sastranegara Tetap Operasional

JABAR EKSPRES – Sejak peralihan penerbangan pesawat tipe jet ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, sejak tanggal 29 Oktober 2023 kemarin, Bandara Husein Sastranegara tampak sepi. Hanya terlihat sejumlah petugas dan beberapa stand pedagang yang masih beroperasi.

Executive General Manager (GM) Angkasa Pura II, R. Indra Crisna Saputra mengatakan bahwa per tanggal 29 Oktober 2023 kemarin, Bandara Husein Sastranegara sudah tidak melayani penerbangan pesawat tipe jet lagi. Baik kedatangan maupun keberangkatan.

“Kemarin itu sudah ada perpindahan semua (pesawat) tipe jet dari Husein ke Kertajati (BIJB),” terang Indra, saat ditemui di Bandara Husein Sastranegara, Kota Bandung, Senin, 30 Oktober 2023.

BACA JUGA: Rute Penerbangan Pindah ke Kertajati, Kadisbudpar: Gak Masalah

“Untuk di Husein sendiri, sebelumnya di tanggal 28 (Oktober) terakhir itu. Ada 7 keberangkatan dan kedatangan dari 8 rute penerbangan. Di tanggal 29 (Oktober) itu, semua terbang dari Kertajati,” sambungnya.

Meski begitu, Indra mengatakan bahwa Bandara Husein Sastranegara sampai saat ini masih memberikan layanan penerbangannya kepada masyarakat.

“Dari kemarin Husein masih ada penerbangan oleh Wings Air untuk destinasi Yogyakarta kemudian Surabaya dan hari ini juga. Penumpangnya ada 31 orang, karena hari ini masih low season,” jelasnya.

Menurutnya, selama bulan Oktober dan November, jumlah penumpang masih terbilang kecil hingga pertengahan bulan Desember mendatang.

BACA JUGA: Pemkot Bandung Soal Perpindahan Rute Penerbangan ke Kertajati

“Di bulan Oktober, November, itu biasanya low season bagi penerbangan. Tapi, nanti di pertengahan Desember itu high season-nya,” lanjut Indra.

Bandara Husein Sastranegara juga, Indra menambahkan, bahwa masih menerima penerbangan jenis propeller (baling-baling), jet pribadi, cargo, VIP, dan VVIP. Oleh karena itu, Bandara Husein Sastranegara masih akan tetap operasional meskipun seluruh penerbangan dengan pesawat tipe jet sudah beralih ke BIJB Kertajati.

“Untuk kedepannya, tentunya kami akan tetap melayani seperti beberapa penerbangan tadi dan untuk rutenya itu dari pihak Air Line akan terus berdiskusi dengan kami,” pungkasnya. (San)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan