Pentingnya Kesehatan dan Rontgen Gigi serta Mulut, FKG Unjani Gelar Pengmas di Puskesmas Cibeureum

JABAR EKSPRES – Pada Senin, 9 Oktober 2023, drg Ratna Trisusanti, Sp.RKG. Subsp. Rad.D (K), drg Marlin Himawati, Sp.Ort, MDSc. dan empat mahasiswa co-ass Fakultas Kedokteran Gigi Unjani melakukan kegiatan pengabdian masyarakat yang bekerja sama dengan LPPM Unjani dan Puskesmas Cibeureum, Cimahi.

Dalam membaktikan diri menjadi seorang dosen, saat ini para dosen dituntut untuk melakukan tri darma. Selain pengajaran dan penelitan, seorang dosen harus menyempatkan waktnya untuk melakukan bakti kepada masyarakat luas.

Kegiatan pengabdian masyarakat berupa penyuluhan dilaksanakan pada saat masyarakat RW 27 Cibeureum melakukan kegiatan posyandu.

Dalam kesempatan itu, Drg Ratna Trisusanti, Sp.RKG. Subsp. Rad.D (K) memberikan penyuluhan mengenai apa itu rontgen gigi, kegunaan dari rontgen gigi, bahaya radiasi dari rontgen gigi dan biaya rontgen.

Masyarakat sangat antusias dengan adanya penyuluhan dari dokter Ratna, sehingga banyak dari mereka yang bertanya mengenai foto rontgen dan kemudian diberikan hadiah alat-alat rumah tangga oleh panitia. Pada saat mereka pulang, diberikan bingkisan satu sikat gigi dan pasta gigi.

Kemudian, pada hari Sabtu, 21 Oktober 2023, Dr.Jeffrey, drg., Sp.KGA, drg Marlin Himawati, Sp.Ort, MDSc. dan tujuh mahasiswa co-ass Fakultas Kedokteran Gigi Unjani melakukan kegiatan pengabdian masyarakat yang bekerja sama dengan LPPM Unjani dan Puskesmas Leuwigajah, Cimahi.

Dokter Jeffrey melakukan kegiatan penyuluhan mengenai cara mencuci tangan yang baik, proses gigi berlubang secara singkat, bagaimana cara menjaga kebersihan gigi dan mulut, cara menyikat gigi yang baik dan benar.

Kegiatan ini dilaksanakan di ruang tunggu Puskesmas Leuwigajah. Warga yang sedang mengantri di Puskesmas Leuwigajah sangat antusis dengan mengikuti cara mencuci tangan yang baik dan benar.

Sehingga waktu menunggu giliran menjadi tidak terasa. Warga yang sedang menunggu di akhir acara diberi bingkisan berupa peralatan menyikat gigi. (*)

 

Tinggalkan Balasan