3 Makna Sumpah Pemuda, Peristiwa Bersejarah 28 Oktober 1928

JABAR EKSPRES – Ketahui 3 makna Sumpah Pemuda di bawah ini. Indonesia akan memperingati Hari Sumpah Pemuda 2023 yang jatuh pada Sabtu besok,  28 Oktober 2023.

Sumpah Pemuda memiliki makna yang dalam, dan untuk yang ingin memahaminya, berikut adalah penjelasan yang dapat diketahui.

Dalam sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia, Sumpah Pemuda memegang peranan penting. Hari Sumpah Pemuda menandakan semangat perjuangan rakyat Indonesia yang luar biasa, terutama para pemuda yang juga ikut berjuang untuk kemerdekaan Republik Indonesia.

Sumpah Pemuda berawal dari Kongres Pemuda II, yang dilaksanakan selama dua hari, tepatnya pada tanggal 27-28 Oktober 1928. Kongres tersebut digelar dengan tujuan memperkuat rasa persatuan dan kebangsaan Indonesia yang sudah tumbuh di dalam benak dan sanubari para pemuda harapan bangsa.

3 Makna Sumpah Pemuda

Dilansir dari laman Museum Sumpah Pemuda, istilah ‘Sumpah Pemuda’ sendiri sangat melekat dalam keputusan kongres kala itu. Sehingga perlu diketahui 3 makna sumpah pemuda yang terkandung di dalamnya:

1. Agar pemuda-pemudi Indonesia mencintai tanah air Indonesia

2. Agar senantiasa menjaga dan merawat persatuan sebagai sebuah bangsa

3. Supaya terus menjunjung penggunaan bahasa Indonesia dalam kehidupan sehari-hari

Makna pertama yang terkandung bahwa generasi muda Indonesia selalu memiliki rasa cinta yang mendalam terhadap negara mereka.

Sehingga diperlukan upaya untuk terus mendorong rasa patriotisme, meningkatkan pemahaman terkait sejarah dan budaya Indonesia, serta memberi kesempatan kepada generasi muda untuk berperan aktif dalam membangun bangsa Indoensia.

BACA JUGA: PDF Teks Pembacaan Doa Sumpah Pemuda 28 Oktober 2023 untuk Upacara Bendera

Kemudian yang kedua, menjaga persatuan menjadi tugas bersama sebagai warga negara. Dengan menjaga persatuan, kita dapat membangun fondasi yang kuat untuk mengatasi berbagai tantangan dan mencapai kemajuan secara bersama-sama.

Ketiga yang tak kalah penting yaitu untuk tetap mengutamakan penggunaan bahasa Indonesia dalam kehidupan sehari-hari sebagai bahasa persatuan.

Hal ini karena Indonesia merupakan negara yang beragam suku, budaya hingga bahasa. Dengan menjunjung tinggi bahasa ini, dapat memperkuat persatuan, memelihara identitas budaya, dan membangun komunikasi yang efektif di seluruh Indonesia.

Isi Sumpah Pemuda

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan