Waspada Penyakit di Musim Pancaroba, Begini Penjelasan Dinkes!

JABAR EKSPRES – Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat (Dinkes Jabar) mengungkapan, pihaknya kini tengah mewaspadai terhadap penyebaran beberapa penyakit yang sering terjadi di musim pergantian atau pancaroba.

Kepala Dinkes Jabar Vini Adiana Dewi mengatakan, pada musim pancaroba seperti saat ini, akan ada beberapa penyakit yang bermunculan seperti salah satunya diare.

BACA JUGA: Nyamuk DBD Mengancam, Warga Desa Cikuya Bandung Sempat Terdeteksi Demam Berdarah

“Diare, tifus, hepatitis dan segala macem (itu akan terjadi). Jadi harus hati-hati, karena memang kadang air hujan itu bercampur dengan polusi udara. Sehingga sering menyebabkan infeksi saluran pernapasan dan infeksi pencernaan,” katanya saat dikonfimasi, Kamis, 26 Oktober 2023.

Selain itu, di musim pancaroba ini juga, potensi munculnya Demam Berdarah Dengue (DBD), Vini menyebut akan mudah terjadi.

“Jadi sekarang lagi pergantian kadang hujan kadang engga. Sehingga masyarakat, hati-hati dengan demam berdarah. Jadi masyarakat jangan lupa untuk selalu melakukan 3M plusnya. Terus jangan lupa pantau jentik, karena DBD biasanya meningkat (di musim panca roba),” ujarnya.

BACA JUGA: Laka Lantas di Margahayu Kabupaten Bandung, Lansia Terpental hingga Tewas Usai Diseruduk Pengendara Motor

Maka dari itu, Vini mengimbau kepada masyarakat untuk tetap melakukan pola hidup sehat dan bersih sebagai bentuk langkah antispasi serangan penyakit khusunya di musim pancaroba.

“Yang penting jangan panik. Kita juga jangan berkontak dengan orang yang sakit, terus mencuci tangan. Misalnya lagi sakit dipakai masker, diam di rumah, mengurangi aktivitas supaya sembuh dulu, karena kesadaran itu lebih penting,” pungkasnya. (San)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan