SMAN 1 Cimahi: Membentuk Karakter Unggul Siswa Melalui Budaya dan Prestasi

JABAR EKSPRES, CIMAHI – SMAN 1 Cimahi kerap membuahkan siswa-siswi yang berprestasi tingkat Kota maupun Nasional. Peran guru tak lepas dalam mendidik siswa saat kegiatan belajar mengajar (KBM), dengan menekankan pembentukan karakter.

Kesiswaan SMAN 1 Cimahi, Melly Heliara mengatakan dalam pembentukan karakter siswa, lebih ditekankan pada budaya. Pengaruh budaya asing sangat berdampak pada karakter siswa sehingga kurang pengetahuan terhadap budaya sendiri.

“Kita ingin meningkatkan kembali budaya yang ada di Indonesia, siswa harus mengenal budaya lebih dalam. Karena, banyak siswa sekarang lebih mengetahui budaya asing jadi kita tekankan untuk lebih berkaca pada diri sendiri bahwa budaya Indonesia merupakan jati diri mereka,” ucapnya saat ditemui Jabar Ekspres, Kamis 26 Oktober 2023.

Baca juga: SMAN 1 Cimahi Sabet Gelar Juara Pertama di Festival Pelajar Nusantara 2023

Melly menerangkan, implementasi pembentukan karakter siswa terhadap budaya, dengan membuat sebuah kegiatan yang menekankan pada budaya Indonesia. Siswa dituntut untuk lebih memahami makna dibalik budaya yang mereka gunakan dalam kegiatan tersebut.

“Kebetulan bulan Oktober ini kita memperingati hari sumpah pemuda dan bulan bahasa, kita gabung jadi satu dengan membuat tiga tema. Pertama siswa lomba menghias tumpeng dengan memperdalam makna dibaliknya, kemudian menggunakan pakaian adat yang ada di nusantara, dan video dramatisasi puisi dengan memberikan tiga judul puisi dan siswa harus memahami dan mengubah dalam bentuk dialog drama,” terangnya.

Korelasi kegiatan budaya dengan pembentukan karakter siswa, dengan memberikan pembinaan dan pengajaran seputar budaya dan dilaksanakan dalam sebuah kegiatan. Siswa diharapkan mampu mengimplementasikan sikap dan karakteristik orang Indonesia yang saling merangkul satu sama lain.

“Sangat berkaitan, karena menumbuhkan rasa kerja sama dengan kelompoknya, serta menumbuhkan empati dari siswa untuk saling gotong royong, dan juga pembentukan karakter yang disitu harus menggugah budaya,” jelas Melly.

Dari implementasi kurikulum merdeka tentang P5, sangat berdampak secara signifikan pada prestasi yang diraih oleh siswa. Dibuktikan dengan banyaknya prestasi yang diraih baik akademik dan non-akademik.

“Karena mereka dimotivasi oleh sekolah dalam berkreasi dan mereka harus kreatif, tentu peluangnya sangat banyak dalam meraih prestasi. Jadi hampir setiap Minggu kita menerima kabar dari siswa yang mendapatkan kejuaraan baik secara tingkat kota, provinsi, dan nasional,” kata Melly.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan