Majestic Magical Adventure, Upaya Hidupkan kembali Bioskop Berumur 1 Abad di Kota Bandung

JABAR EKSPRES – Gedung Majestic yang berada di tengah pusat Kota Bandung, tepatnya Jalan Braga 1. Merupakan bangunan bersejarah berumur lebih dari 1 abad, yang terkenal sebagai bioskop pertama di Kota Kembang.

Berada dibawah naungan BUMD PT Jasa dan Keparawisataan (Perseroda) Jawa Barat, bangunan yang penuh dengan nilai historis tersebut kini memiliki pengelola baru. Yayasan Mestika Wanodja Indonesia dipercaya mengurus tempat bersejarah tersebut dalam kurun waktu 5 tahun kedepan.

Serius dalam mengembalikan fungsi tempat tersebut seusai peruntukan awal sebagai pusat seni budaya di Kota Bandung. Yayasan Mestika Wanodja Indonesia gelar Trial Showcase bertajuk Majestic Magical Adventure.

Pembina Yayasan Mestika Wanodja Indonesia, Osye Anggandari menuturkan, hadirnya pertunjukan ini merupakan cikal bakal dalam memperkenalkan kembali gedung De Majestic, sebagai representasi peradaban seni dan budaya di Jawa Barat.

“Ada titipan khusus kepada kami bahwa gedung Majestic ini harus diperuntukan bagi segala hal yang menyangkut seni dan budaya, terutama menampung seni dan budaya yang ada di Jawa Barat,” ujar Osye, Kamis (26/10)

Selain itu, pihaknya juga telah menyiapkan strategi khusus agar gedung Majestic ini bisa menarik banyak turis domestik maupun mancanegara. Hal ini berkenaan dengan pertunjukan yang lebih menonjolkan adat dan tradisi yang di Jawa Barat.

“Jadi nantinya bakal ada pertunjukan dari sanggar seni budaya sunda, tari merak, lengser, upacara adat, intinya segala sesuatu yang merepresentasikan budaya sunda,” ungkapnya

“Karena itu kan sudah jadi janji kami di awal, dalam mengelola Majestic ini kita harus punya satu acara pertunjukan jadi tujuan turis,” tambahnya

Punya nilai historis dan latar belakang sejarah yang kental dengan Kota Bandung. De Majestic tentunya bakal mudah memikat para penikmat seni yang berada tatar sunda. Terlebih, tempat ini merupakan bangunan Cagar Budaya yang ada di Jawa Barat, yang mana bentuk dan kondisinya tak dirubah sejak tahun 1920an.

Ditempat yang sama, Perwakilan Komisi II DPRD Jawa Barat, Yunandar Rukhiadi menuturkan, kedepan diharapkan De Majestic bisa jadi representasi mengenai pertunjukan seni dan budaya di Jabar, terkhusus Kota Bandung.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan