Mensos Kunjungi RSUD Ciawi, 350 Pasien Ikut Operasi Katarak

JABAR EKSPRES – Menteri Sosial Republik Indonesia Tri Rismaharini, mengunjungi RSUD Ciawi, Kabupaten Bogor, Rabu, 25 Oktober 2023. Kunjungan tersebut dalam rangka bakti sosial operasi katarak di Kabupaten Bogor.

Tri Rismaharini mengungkapkan, peminat bakti sosial operasi katarak di RSUD Ciawi sangat banyak. Jumlah peminat screening mencapai angka 1000.

“Ternyata memang jumlah peminatnya cukup besar. Jadi 350 dari screening 1000. Sebenarnya yang 1000 tadi memang potensi, mungkin karena memang masih belum matang sehingga yang kita dulukan yang matang,” ucapnya.

Ia mengatakan, bahwa mata merupakan aset penting seseorang sehingga perlu dilakukan perhatian dan penanganan.

BACA JUGA: Waspada Penularan Cacar Monyet, Dinkes Cimahi: Belum Ada Laporan

“Setiap bulan kita lakukan operasi katarak, kenapa? Karena, kalau terlambat mereka akan menjadi buta, jika buta mereka tidak produktif. Pasti ada hambatan,” ujarnya.

Tak hanya pasien katarak saja yang datang ke RSUD Ciawi tersebut, melainkan ada juga yang mengidap kencing manis.

“Yang kedua juga ada yang kencing manis dan sebagainya, sehingga harus diturunkan dulu. Sehingga jumlah yang ikut 350, tapi ini tadi ada tambahan 16 orang yang akan di screening,” katanya.

Dari ratusan pasien tersebut, sebanyak 95 persen didominasi dari Kabupaten Bogor. Serta daerah lainnya, seperti Cianjur dan Sukabumi.

Hal ini dilakukan agar mereka memiliki kesempatan untuk operasi katarak. Karena jika terlambat satu hari saja, maka akan bersifat fatal hingga mengalami kebutaan.

Lebih lanjut, kata Risma, bahwa pasien yang katarak di RSUD Ciawi itu berlatar belakang akibat usia, gizi, dan pola hidup yang kurang baik.

BACA JUGA: Kasus Cacar Monyet Bertambah, Dinkes Jabar Beberkan Dampaknya

“Kalau dari riset ya karena usia. Kalau untuk usia mungkin tidak bisa dicegah, tapi dengan gizi yang baik, pola hidup yang baik, bisa dicegah,” pungkasnya.

Sementara itu, Direktur RSUD Ciawi Dr. Fusia Meidiawaty, mengapresiasi program bakti sosial operasi katarak dari Kementerian Sosial RI.

“Alhamdulillah, hari ini sudah kita laksanakan acara kegiatan operasi katarak gratis program dari Kemensos. Hari ini kita laksanakan 30 dulu, selebihnya kita konsentrasikan pada hari Minggu,” katanya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan