Cimahi Dilanda Hujan Deras Disertai Angin Kencang, Masyarakat Diimbau Waspada Dampak Cuaca Ekstrem

JABAR EKSPRES – Hujan deras beserta angin kencang melanda wilayah Kota Cimahi dan sekitarnya pada Rabu (25/10) sekitar pukul 13.10 WIB.

Hujan deras beserta angin kencang menyebabkan salah satu pohon tumbang di jalan Cihanjuang, Kel. Cibabat, Kec. Cimahi Utara dan menyebabkan arus lalulintas terpaksa diputar balikan.

Selain pohon tumbang, hujan deras disertai oleh butiran es berjatuhan di atap rumah warga di wilayah Kel. Cigugur Tengah, Kec. Cimahi Tengah, Kota Cimahi.

Kamal salah seorang warga mengaku saat hujan turun terdengar seperti ada butiran kerikil yang jatuh di atas atap rumah yang terbuat dari seng.

“Waktu hujan ternyata ada bunyi seperti kerikil batu di atap rumah. Saya lihat dari lantai dua lalu saya video, dan ternyata betul ada butiran es,” ucap Kamal.

Waktu durasi hujan es tersebut berlangsung sekitar 20 menit dengan ukuran butiran es yang beragam namun rata-rata sebesar butiran kelereng.

“Sekitar 20 menitan, hujan itu bareng dengan angin kencang, setelah itu hujannya biasa lagi tidak ada esnya,” ucap Kamal.

Sementara itu, Pengamat Meteorologi dan Geofisika Muda BMKG Klas I Bandung, Yuni Yulianti mengatakan, berdasarkan prakiraan cuaca dinamika atmosfer saat ini di Bandung Raya terdapat ada beberapa fenomena yang mendukung potensi pertumbuhan awan konvektif, di mana awan tersebut berpotensi menyebabkan hujan, kilat, dan angin kencang.

“Aktifnya gelombang atmosfer yaitu Rossby Equator di Pulau Jawa. Suhu permukaan laut pun relatif hangat di sekitar perairan Indonesia, sehingga dapat meningkatkan potensi suplai uap air ke wilayah Indonesia dan termasuk ke wilayah perairan Jawa Barat bagian Utara,” terang Yuni.

Menurut Yuni, kelembaban udara di wilayah Jawa Barat pada lapisan 850 mb dan 700 mb mencapai 40-97 persen, sementara labilitas atmosfer secara lokal berada dalam kategori labil sedang hingga kuat, terutama di wilayah Jawa Barat, termasuk Bandung Raya.

Yuni memperingatkan masyarakat untuk tetap mewaspadai potensi dampak cuaca ekstrem selama periode peralihan musim, dengan kemungkinan hujan ringan hingga lebat di beberapa wilayah dalam waktu singkat.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan