Ketahui Cara Menyimpan Sayur yang Benar Guna Menjaga Kesegarannya!

JABAR EKSPRES – Setiap jenis sayuran diketahui memiliki cara menyimpan yang berbeda-beda untuk memperpanjang masa simpan dan menjaga kesegarannya.

Ketahui beberapa cara untuk menyimpan sayuran agar tetap segar, berikut diantaranya:

Cara Menyimpan Sayur yang Benar

  • Kulkas

Untuk penyimapanan dalam kulkas kamu dapat gunakan kantong plastik atau wadah plastik berlubang atau kantong kertas yang dapat bernapas untuk mengurangi kelembaban berlebih.

Simpan sayuran dalam laci atau kotak sayuran di kulkas untuk menghindari paparan langsung ke suhu yang terlalu rendah.

Hindari menyimpan sayuran bersama dengan buah yang menghasilkan etilen, karena etilen dapat mempercepat pematangan sayuran.

BACA JUGA: Dapat Menjaga Kesegaran Buah, Ketahui Cara Menyimpannya!

  • Suhu yang Tepat

Cara menyimpan sayur yang baik yaitu dengan memastikan suhu kulkas diatur dengan baik, umumnya antara 1-4 derajat Celsius.

  • Bersihkan dan Keringkan

Sebelum disimpan, pastikan kamu mencuci sayuran untuk menghilangkan debu dan kotoran. Kemudian, pastikan untuk mengeringkannya dengan baik sebelum menyimpannya, karena kelembaban berlebihan dapat mempercepat pembusukan.

  • Pembungkus

Gunakan kertas dapur atau kantong plastik yang berlubang untuk mengemas sayuran, tetapi hindari penyegelan rapat yang dapat memicu penumpukan kelembaban.

BACA JUGA: Berikut Ini Beberapa Cara Menghilangkan Kutu pada Rambut!

  • Potongan Sayuran

Jika kamu menyimpan sayuran dengan kodisi sudah dipotong, maka pastikan cara penyimpananya menggunakan wadah kedap udara atau bungkus dengan plastik cling.

  • Simpan Pisang Terpisah

Jika kamu menyimpan pisang di atas meja atau di dalam keranjang, pisahkan mereka dari sayuran lainnya, karena pisang menghasilkan etilen yang dapat mempengaruhi kecepatan pematangan sayuran.

  • Jaga Kelembaban

Beberapa sayuran seperti asparagus dan buncis bisa lebih baik jika disimpan dengan sedikit air di dalam wadah tertutup.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan