Dapat Menjaga Kesegaran Buah, Ketahui Cara Menyimpannya!

JABAR EKSPRES – Cara penyimpanan yang benar dapat membantu mempertahankan kesegaran dan kualitas pada buah. Ketahui beberapa cara menyimpannya.

Diketahui bahwa setiap jenis buah memiliki berbagai jenis yang membedakan cara penyimpanan nya, jadi penting untuk memahami kebutuhan khusus buah tertentu.

Penyimpanan yang benar dapat membantu memperpanjang umur simpan buah dan menjaga kesegaran buah tersebut, namun tidak akan membuat buah tetap segar selamanya.

Berikut ini terdapat beberapa cara yang bisa kamu ikuti untuk penyimpanan buah dengan baik:

Cara Menyimpan Buah yang Baik

  • Suhu Ruangan yang Tepat

Sebagian besar buah harus disimpan pada suhu kamar, sekitar 20-25°C. Namun, beberapa buah seperti pisang dan jeruk harus disimpan pada suhu lebih rendah.

  • Keringkan dengan Lembut

Pastikan buah dalam keadaan kering sebelum disimpan. Kelembaban dapat menyebabkan pembusukan lebih cepat.

BACA JUGA: Beberapa Cara Menghilangkan Rayap yang Perlu Kamu Ketahui!

  • Penyimpanan Terpisah

Jangan menyimpan buah berbarengan dengan sayuran, cara tersebut dapat berbahaya karena gas etilen yang dihasilkan oleh buah dapat mempercepat pembusukan sayuran.

Selain itu, beberapa buah memancarkan gas etilen yang dapat memengaruhi kesegaran buah lainnya. Pisahkan buah yang memproduksi gas etilen seperti apel dan tomat dari yang lainnya.

  • Kemasan yang Benar

Simpan buah-buahan dalam wadah atau kantong plastik yang dapat bernapas atau kain berlubang agar sirkulasi udara tetap baik. Hindari kantong plastik kedap udara karena dapat mempercepat pembusukan.

  • Simpan di Lemari Es

Beberapa buah, seperti stroberi dan anggur, sebaiknya disimpan di dalam lemari es agar lebih tahan lama. Pastikan untuk mencuci dan mengeringkan buah sebelum menyimpannya di dalam lemari es.

BACA JUGA: Miliki Masalah pada Rambut? Ketahui Cara Keramas yang Benar!

  • Hindari Paparan Suhu Ekstrim

Hindari cara menyimpan buah di dekat sumber panas seperti kompor atau langsung di bawah sinar matahari, karena suhu yang tinggi dapat mempercepat pembusukan.

  • Periksa dan Konsumsi dengan Cepat

Periksa buah secara berkala dan segera konsumsi yang mulai menunjukkan tanda-tanda kerusakan atau pembusukan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan