Tekan Inflasi, Pemkab Bandung Gelar Operasi Pasar Beras Murah di 31 Kecamatan

BANDUNG, JABAR EKSPRES – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kabupaten Bandung menggelar Operasi Pasar (OP) beras murah bagi masyarakat tidak mampu mulai tanggal 23 hingga 31 Oktober 2023 mendatang.

Bupati Bandung, Dadang Supriatna mengatakan, pada kegiatan tersebut masyarakat dapat membeli beras berkualitas dengan harga murah dan lebih rendah dari harga pasar.

“Beras berkualitas dapat ditebus masyarakat hanya dengan harga Rp51 ribu per 5 kilogram. Padahal harga normalnya Rp10.900 per kilogram,” ujar Bupati saat launching Operasi Pasar beras murah di Kantor Kecamatan Kutawaringin, Senin 23 Oktober 2023.

Dadang menambahkan, operasi Pasar beras murah ini diperuntukkan bagi 44 ribu keluarga penerima manfaat (KPM) terutama dari keluarga tidak mampu yang tersebar di 31 kecamatan se-Kabupaten Bandung.

“Beras berkualitas dengan harga terjangkau ini dijual di Kantor Kecamatan dan Desa masing-masing,” katanya.

BACA JUGA: Jalan Penghubung Cianjur – Bandung Ditargetkan Beres Akhir Tahun 2023

Kang DS sapaan akrabnya, menjelaskan tujuan adanya operasi pasar beras murah untuk mengendalikan harga beras di pasaran agar tidak terlalu tinggi.

“Dengan menjual beras dengan harga yang lebih terjangkau, diharapkan dapat mengurangi fluktuasi harga beras di pasaran,” tuturnya.

Pihaknya pun berharap dengan adanya operasi pasar beras murah itu setidaknya dapat membantu meringankan beban ekonomi masyarakat di tengah harga beras yang sedang melambung tinggi.

Dan juga dapat mengatur pasokan beras agar tetap stabil.

“Dengan menjaga ketersediaan beras yang cukup di pasaran, diharapkan dapat menghindari kelangkaan beras dan menjaga stabilitas harga,” terangnya

“Dan pada akhirnya saya berharap ikhtiar dengan operasi pasar ini dapat membantu menstabilkan inflasi di Kabupaten Bandung,” lanjutnya.

Selain menggelar operasi pasar beras murah, Dadang pun berencana pada bulan November mendatang Pemkab Bandung akan menggelar operasi pasar sembako yang disubsidi Pemkab Bandung dan digelar di 31 kecamatan se-Kabupaten Bandung.

BACA JUGA: Kesiapan Pemkab Bandung untuk FIFA U-17 World Cup Dipuji Waketum PSSI

“Nanti paket sembako yang normalnya dijual Rp120 ribu, nanti bisa ditebus masyarakat dengan harga Rp59 ribuan saja. Selisihnya kita akan subsidi,” ujar Bupati.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan