KA 124 Bangunkarta Pasar Senen–Jombang Tertemper Minibus di Cirebon

CIREBON, JABAR EKSPRES — Sebuah mobil minibus berpenumpang 6 orang menemper Kereta Api (KA) Bangunkerta Pasar Senen-Jombang yang sedang melaju, Senin 23 Oktober 2023.

Dari data yang diterima PT KAI Daop 3 Cirebon, peristiwa tersebut terjadi pukul 15:49 WIB di Desa Cisaat, Kecamatan Waled, Kabupaten Cirebon. Tepatnya, kendaraan minibus tertemper kereta api di KM 244+1 petak Jalan Sindanglaut-Ciledug atau jalur hulu (jalur hulu-hilir preipal).

Kereta Api yang tertemper, mengerem dan berhenti luar biasa di km 244+6, kemudian dilakukan pemeriksaan lokomotif dan rangkaian guna memastikan semuanya aman.

Setelah dipastikan aman, KA yang sempat berhenti diberangkatkan kembali pukul 16.04 WIB, yang mengakibatkan keterlambatan selama 9 menit.

BACA JUGA: Tak Mampu Nanjak, Truk Tronton Hantam Rumah Warga

Ayep Hanapi, Manager Humas PT KAI Daop 3 Cirebon memastikan tidak ada korban dalam peristiwa itu. Hanya saja kendaraan minibus yang tertemper kereta api, mengalami kerusakan hingga ringsek pada bagian depan.

“Kami Menghimbau agar masyarakat selalu disiplin mematuhi rambu-rambu lalulintas ketika akan melalui perlintasan sebidang,” imbaunya.

Dia mengingatkan agar masyarakat lebih mematuhi rambu lalu lintas yang sudah terpasang.

“Sesuai dengan UU No 22/2009, tatacara melintas di perlintasan sebidang adalah Berhenti di rambu Tanda STOP, tengok kiri – kanan, apabila yakin tidak ada Kereta api yang melintas di kedua jalur rel, baru bisa melintas di perlintasan tersebut,” ujarnya.

“Alat Utama keselamatan di perlintasan sebidang adalah rambu – rambu lalu lintas,” imbuhnya. (Mg7)

BACA JUGA: NAHAS! Gagal Salip, Pemotor di Cileungsi Terlindas Truk

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan