Sambut Pemilu 2024, KPU Kota Cimahi Gencar Lakukan Sosialisasi pada Pemilih Milenial

CIMAHI, JABAR EKSPRES – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cimahi gencar menggalakkan upaya meningkatkan partisipasi pemilih muda dalam Pemilu 2024. Melalui program edukasi dan kampanye sosial, KPU Cimahi berkomitmen memastikan keterlibatan aktif generasi muda, meneguhkan demokrasi.

Partisipasi pemilih muda memiliki peran penting dalam Pemilu 2024. Dengan suara mereka, generasi ini berperan dalam membentuk masa depan negara. Keterlibatan aktif pemilih muda menentukan arah demokrasi yang kuat dan inklusif.

Menurut Charly Siadari, Sekretaris KPU Kota Cimahi mengatakan, pihaknya telah mencatat dalam berita acara pleno jumlah pemilih di Kota Cimahi sebanyak 416.734 orang. Terutama, mayoritas pemilih pemula didominasi oleh laki-laki.

“KPU Kota Cimahi telah menetapkan dalam berita acara pleno yaitu pemilih pemula di Cimahi 416.734 jiwa, yang terdiri dari laki-laki sebanya 205.731 jiwa dan pemilih perempuan sebanyak 211.003 dimana disini khususnya untuk pemilih muda atau Gen Z, laki-laki berjumlah 23.153 jiwa dan untuk perempuan 22.268 jiwa rata-rata di usia 17 tahun sampai 25 tahun,” jelasnya pada Jabar Ekspres, Senin (23/10).

BACA JUGA: Pemilu 2024 di Depan Mata, Ormas se-Kota Bandung Dapat Pendidikan Politik

Meskipun DPT (Daftar Pemilih Tetap) telah diumumkan, KPU tetap memberikan kesempatan kepada pemilih muda yang berusia 17 tahun pada hari pemungutan suara. Saat ini, pihak KPU terus berkoordinasi dengan Kantor Cabang Dinas (KCD) VII Provinsi Jawa Barat.

“Ini belum masuk kategori 17 tahun yang bertepatan dengan hari pemungutan suara 14 Februari 2024. Artinya walaupun DPT ini sudah ditetapkan, tapi KPU masih terus menampung yang nantinya berusia 17 tahun bertepatan di hari pemungutan suara yang mana sampai hari ini KPU masih terus berkoordinasi dengan KCD VII Provinsi Jabar,” terangnya.

Berkaitan dengan pemahaman pemilih muda atau generasi milenial, KPU Kota Cimahi secara proaktif menggelar kegiatan sosialisasi di lingkungan sekolah. Langkah ini diambil guna meningkatkan pemahaman dan wawasan para pemilih muda terkait prosedur pemilihan suara.

“Untuk proses sosialisasi kita terkait hari pemungutan suara nanti khususnya pada pemilih muda kita sangat masif. Pertama yang KPU Kota Cimahi melalui media sosial, lalu sosialisasi pada pemilih pemula sasaran kita itu ke SMA. Seperti kemarin, kita memperingati hari santri 22 Oktober 2023 atas arahan dari KPU RI nonton bareng film “Kejarlah Janji” Pesantren Darussurur Kecamatan Cimahi Selatan dengan jumlah 100 orang santri,” terangnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan