Bansos PKH Tahap 4 Akan Cair, Ini Cara Cek Penerima Bantuan

JABAR EKSPRES- Bantuan sosial (bansos) tengah disalurkan kembali kepada warga yang masih terdaftar dalam Daftar Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kemensos. Bantuan ini merupakan bagian dari Program Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Penerima manfaat dapat dengan mudah memeriksa status pencairan melalui tautan resmi di cekbansos.kemensos.go.id.

Penting untuk dicatat bahwa bantuan sosial ini hanya diberikan kepada KPM yang tergolong rentan secara ekonomi atau kurang mampu. Oleh karena itu, tidak semua anggota masyarakat memenuhi syarat untuk menerima bantuan sosial dari pemerintah.

Penting bagi mereka yang berhak menerima bantuan untuk memastikan bahwa namanya masih terdaftar sebagai penerima. Hal ini memungkinkan dana bantuan sebesar Rp750 ribu dapat masuk ke rekening mereka atau disalurkan secara langsung ke lokasi yang menjadi penyedia bansos.

BACA JUGA: Bansos PKH 2023 Tahap 4 Akan Segera Cair, Ini Kategori Bantuan yang Akan Diterima

Bantuan Langsung Tunai (BLT) PKH 2023 akan disalurkan dalam tahap-tahap tertentu, dan saat ini berada pada tahap keempat. Terdapat tujuh kategori penerima bantuan, dengan jumlah nominal yang berbeda-beda.

Bagi mereka yang masih menantikan pencairan bantuan, segera pastikan bahwa nama mereka masih terdaftar sebagai KPM. Kemudian, lakukan pemeriksaan secara daring melalui situs cekbansos.kemensos.go.id.

Tidaklah mengherankan jika pada pertengahan Oktober masih ada banyak pertanyaan terkait pencairan bansos ini. Namun, penting untuk diketahui bahwa bantuan PKH akan terus disalurkan hingga akhir tahun.

Pada bulan Oktober 2023, BLT PKH tahap keempat akan kembali disalurkan melalui Bank Himbara dan Kantor Pos. Bantuan yang diberikan melalui Bank Himbara akan diterima oleh KPM yang memiliki Kartu Kesejahteraan Sosial (KKS). Sementara itu, bagi KPM yang memiliki KKS lama atau tidak memiliki KKS, mereka dapat mengambil dana bantuan melalui Kantor Pos.

Tanggal pencairan bantuan akan disesuaikan dengan wilayah asal penerima masing-masing. Oleh karena itu, belum dapat dipastikan secara pasti tanggal pencairan bantuan PKH tahun 2023 ini. Namun yang pasti, bantuan sosial akan tetap cair pada bulan Oktober. Sesuai jadwal, bansos PKH tahap keempat akan disalurkan antara bulan September hingga Desember 2023.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan