Doa dan Adab Sebelum Bepergian, Agar Dilindungi dan Diberi Keselamatan

JABAR EKSPRES – Akhir pekan menjadi saat yang paling tepat untuk liburan bersama keluarga. Saat akan melakukan safar atau bepergian ada beberapa adab yang harus dilakukan dan doa yang harus dibacakan. Hal ini dimaksudkan agar mendapat perlindungan dari Allah dan diberikan keselamatan selama berada diluar rumah.

Banyak yang belum tahu apa doa yang benar ketika akan melakukan perjalanan keluar rumah. Biasanya orang hanya membaca doa ketika keluar rumah dan doa menaiki kendaraan.

Doa Bepergian

Namun sesungguhnya ada doa yang dibacakan saat akan bepergian dengan narasi yang khusus untuk meminta perlindungan dan keselamatan selama dalam perjalanan.

Baca juga : Kumpulan Doa-doa untuk Keselamatan di Palestina

Berikut adalah doa yang biasanya dibaca sebelum bepergian:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ وَعْثَاءِ السَّفَرِ وَكَآبَةِ الْمَنْظَرِ وَسُوءِ الْمُنْقَلَبِ فِي الْمَالِ وَالْأَهْلِ

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari kesulitan dalam perjalanan, pemandangan yang tidak baik, dan perubahan yang buruk dalam harta dan keluarga.”

Doa ini bisa dibacakan saat masih dirumah, saat akan melakukan perjalanan, atau saat berada dalam perjalanan.

Syarat untuk melakukan doa ini cukup dilakukan dengan tulus untuk melakukan perjalanan yang niatnya baik dan diniatkan sebagai amal yang saleh.

Doa ini mencerminkan permohonan perlindungan dari Allah terhadap segala masalah atau rintangan yang mungkin ditemui selama perjalanan, agar menjadi perjalanan yang penuh dengan kebaikan.

Adab Selama Bepergian

Sebelum seorang Muslim bepergian keluar rumah, ada beberapa adab yang dianjurkan dalam Islam untuk memastikan bahwa perjalanan dimulai dengan berkah dan perlindungan Allah. Berikut adalah beberapa adab yang sebaiknya diikuti:

1. Berwudhu

Sebelum meninggalkan rumah, disarankan untuk berwudhu terlebih dahulu. Ini merupakan upaya menjaga kesucian dan juga mempersiapkan diri untuk beribadah selama perjalanan.

2. Baca Doa Sebelum Bepergian

Bacalah doa sebelum bepergian, doa ini memohon perlindungan, keselamatan, dan berkah Allah selama perjalanan.

3. Memakai Pakaian yang Bersih dan Tertutup

Saat berpakaian sebelum pergi, pastikan pakaian Anda bersih, sopan, dan sesuai dengan nilai-nilai Islam. pastikan tutupi aurat dengan baik.

Baca juga : 4 Doa Agar Semangat Bekerja Menjemput Rejeki Halal yang Berkah

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan