5 Amalan Sunah Malam Jumat, Mana yang Sering Kamu Lakukan

JABAR EKSPRES – Malam Jumat atau hari Kamis malam, dalam penanggalan hijriah sesungguhnya sudah masuk kedalam hari Jumat, karena pergantian hari terjadi pada saat petang atau menjelang Magrib. Banyak amalan sunah yang bisa dilakukan di saat Malam Jumat.

Karena sudah ada pergantian hari, sehingga amalan sunah pada malam jumat sama halnya dengan amalan yang bisa dilakukan pada hari jumat

Hari Jumat merupakan hari yang cukup istimewa bagi umat Islam, karena banyak ibadah khusus yang hanya bisa dilakukan pada hari jumat, dimana akan mendapatkan pahala atau keutamaan yang khusus pula.

Baca juga : Pentingnya Membaca Surat Al Kahfi Tiap Malam Jumat, Salah Satunya Berkaitan dengan Dajjal

Misalnya ibadah Sholat Jumat, membacara Surah al Kahfi, Membaca yasin dan lain sebagainya.

Berikut beberapa amalan sunnah yang sebaiknya dilakukan saat malam Jumat.

1. Membaca Surat Al Kahfi

Surat Al Kahfi dianjurkan rutin dibaca pada malam Jumat atau hari Jumat. Hal ini karena keutamaan yang akan didapatkan sanat banyak, diantaranya akan menapatkan cahaya terang diantara dua Jumat.

Selain itu dengan membaca Surat Al Kahfi maka akan diberikannya ketenangan hati hingga satu pekan.

Membaca surat Al Kahfi juga dapat melindungi dan menjauhkan seseorang dari fitnah Dajjal.

“Barang siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada malam Jumat, dia akan disinari cahaya antara dirinya dan Ka’bah,” (HR. Ad Darimi)

Menghafalkan surah Al Kahfi baik seleruhnya maupun 10 ayat pertamanya juga bisa melindungi manusia dari fitnah Dajjal.

2. Membaca Surat Yasin

Banyak juga yang melakukan amalan membaca surat Yasin pada malam jumat, hal ini dipercaya banyak kalangan sebagai salah satu upaya agar Allah mengabulkan permintaan seseorang yang membaca surat Yasin.

“Barangsiapa membaca Surat Yasin dan al-Shaffat di malam Jumat, Allah mengabulkan permintaannya.” (HR Abu Daud dari al-Habr)

Selain itu, banyak juga yang memanfaatkan saat membaca surat Yasin pada malam jumat sekalian untuk mengirim doa bagi
keluarga yang sudah meninggal.

Namun sejatinya, saat malam jumat tidak hanya surat yasin yang sebaiknya dibaca, namun juga surat-surat lain dalam Alquran, karena banyak yang memiliki keutamaan luar biasa.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan