Pilwu Serentak 2023 di Cirebon, 3600 Personel Gabungan Disiapkan

JABAR EKSPRES — Ribuan personel gabungan dari Polresta Cirebon, Kodim 0620/Kabupaten Cirebon, Linmas, Satpol PP, Dishub, dan lainnya, siap mengamankan Pemilihan Kuwu (Pilwu) Serentak 2023 di Kabupaten Cirebon yang dilaksanakan pada Minggu, 22 Oktober 2023.

Kapolresta Cirebon, Kombes Pol Arif Budiman mengatakan, jumlah personel yang diterjunkan dalam pengamanan tersebut mencapai 3600-an orang. Mereka bakal disebar ke 100 desa di Kabupaten Cirebon yang melaksanakan Pilwu Serentak 2023.

“Pada prinsipnya, Polresta Cirebon didukung TNI, pemerintah daerah, dan seluruh komponen masyarakar siap mengamankan sekaligus menjaga Kondusifitas kamtibmas dalam momentum Pilwu Serentak 2023 di Kabupaten Cirebon,” ujar Kombes Pol Arif Budiman saat ditemui usai Apel Gelar Pasukan Pengamanan Pilwu Serentak 2023 di Mapolresta Cirebon, Jumat 20 Oktober 2023.

BACA JUGA: Strategi Polresta Cirebon Hadapi Praktik Judi Saat Pilwu

Ia mengatakan, seluruh kekuatan juga dioptimalkan untuk memastikan Pilwu Serentak 2023 berlangsung aman, lancar, damai, dan kondusif. Sehingga bakal disokong personel dari Polres Indramayu, Polres Kuningan, Polres Majalengka, dan Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Jabar.

Nantinya, ribuan personel gabungan tersebut akan ditempatkan sesuai pola pengamanan yang telah disiapkan dari mulai pengamanan rayonisasi hingga pengamanan tempat pemungutan suara (TPS) Pilwu Serentak 2023 di Kabupaten Cirebon.

Pihaknya mengakui, pemungutan suara Pilwu Serentak 2023 yang dilaksanakan pada 22 Oktober 2023 bertepatan dengan peringatan Hari Santri Nasional 2023. Namun, dipastikan kegiatan pengamanan pemungutan suara Pilwu Serentak 2023 di 100 desa se-Kabupaten Cirebon berjalan optimal.

“Saat pengamanan hari pemungutan suara Pilwu Serentak 2023 personel akan dibagi beberapa sektor, dan menerapkan sistem rayonisasi. Sehingga kami memastikan pengamanan Pilwu Serentak dan kegiatan masyarakat yang berkaitan peringatan Hari Santri Nasional dapat tercover secara maksimal,” kata Kombes Pol Arif Budiman. (Mg7)

BACA JUGA: Tahap Awal Penerimaan Logistik Pemilu, KPU Kabupaten Cirebon Terima 27.752 Bilik Suara

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan