Emak-emak Menjerit, Harga Beras Kota Banjar Kian Meroket!

JABAR EKSPRES – Ibu-ibu rumah tangga di Kota Banjar, Jawa Barat kian menjerit dengan kondisi harga beras yang terus meroket. Harga beras jenis medium di pedagang beras eceran saat ini Rp14 ribu per kilogram.

“Harganya masih mahal, Rp14 ribu per kilogram yang kualitas medium. Harga segitu mahal lah karena biasanya kalau hrga normal, yang kualitas bagus (premium) hanya Rp12 ribu per kilogram ,” kata Rina, salah satu ibu rumah tangga di Kecamatan Banjar, Kota Banjar Jawa Barat, Jumat 20 Oktober 2023.

Hal senada juga diungkapkan Elis Nurhayati seorang ibu rumah tangga yang tinggal di Desa Sinartanjung mengaku dirinya membeli beras di warung cukup mahal. Bahkan jauh sekali perbedaannya dengan harga yang ada di Pasar Banjar.

Baca juga: Usai Salat Gaib, Aksi Sukabumi Peduli Palestina Sampaikan Tuntutan ini

“Biasa saya beli beras kualitas medium dengan harga Rp12.000 sampai Rp12.500 per kilogram. Sekarang masih tinggi yaitu Rp15.000 per kilogram di warung eceran. Kami berharap pemerintah dapat mengembalikan harga beras, syukur-syukur di harga Rp9.000 sampai Rp10.000 per kilogramnya sehingga harga di warung eceran tak begitu mahal, kalau beli di pasar cukup jauh dan kita juga biasanya belinya eceran paling 5 kilogram sekali belinya,” tuturnya.

Terpisah, Toto Sugiarto seorang pedagang warung makan kecil mengaku dirinya saat ini membeli beras di pedagang beras eceran di wilayah Kelurahan Banjar masih diangka Rp14 ribu per kilogram. Dirinya berharap kondisi ini tak berlarut-larut karena ini akan berdampak pada usahanya. “Kalau harga berasnya masih mahal, saya juga bingung menjual nasinya,” kata dia.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas KUKMP Kota Banjar Wawan Setiawan melalui Kepala Bidang Perdagangan Riyanti Savitrie mengatakan, harga beras di Pasar Banjar berkisar Rp12.500 sampai Rp12.800 per kg.

“Harga beras hari ini di Pasa Banjar berkisar diharga Rp12.500 sampai Rp12.800 per kilogram. Harga tersebut untuk beras dengan kualitas medium,” ujarnya.

Savitrie menuturkan, kondisi harga beras ini sudah terjadi sejak dua pekan terakhir di Pasar Banjar. Pihaknya akan terus berupaya agar dapat menekan harga beras di Pasar Banjar sehingga dapat terjangkau oleh masyarakat.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan