Lagi! Api Membara di Area Kaki Gunung Tampomas, BPBD: 8 Tim Dikerahkan

JABAR EKSPRES – Lokasi tempat pembuangan sampah akhir (TPSA) Gunung Tampomas Kabupaten Sumedang, kembali dilanda kebakaran, Kamis 19 Oktober 2023. Kebakaran pun terjadi pada area lain sekitar Gunung Tampomas, yakni di area gunung Karang yang masih bagian dari kaki gunung.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumedang Atang Sutarno mengaku telah melaksanakan tugas sesuai dengan arahan pimpinan pada apel, Kamis 19 Oktober 2023, pagi tadi.

“Giat hari ini penanganan kebakaran TPS Cibeureum dan Karhutlah di areal Gunung Karang – kaki Gunung Tampomas, sejumlah anggota BPBD, Perhutani, Tagana, Lingkungan Hidup, TNI-POLRI hingga Satpol-PP Kecamatan Cimalaka, diterjunkan untuk melaksanakan upaya pemadaman,” tuturnya.

BACA JUGA: Satu Per Satu Fakta Kasus Bandung Smart City Terbongkar! Aliran Fee Proyek Mengalir ke Dadang Darmawan dan Kahirur Rijal

Atang menerangkan, bahwa sejumlah personel gabungan tersebut telah terbagi sebelumnya ke dalam 8 tim atau regu.

“Itu kami bagi menjadi sekitar 8 tim di bawah komando Asper Perhutani, dan khusus personel dari Lingkungan Hidup (LH) dibagi ke dalam 7 tim di bawah komando Babinsa dan Babinkantibmas, serta BPBD Sumedang,” ungkapnya.

Sementara petugas diarahkan ke karhutla, kemudian bergeser ke lokasi sekitar TPSA untuk menyisir sekelilingnya.

Demikian, 5 mobil polsus milik perhutani dengan kapasitas 1000 liter per unitnya, 3 tanki air milik PDAM Sumedang, dan 2 Torn milik PMI Sumedang.

Terpantau Jabar Ekspres, asap kebakaran masih tebal dan tertiup angin hingga mencapai posko petugas di post utama pendakian Kaki Gunung Tampomas.(mg11)

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan