Buku ‘Imajinasi Islam’ Dirilis dalam Perayaan Usia 70 Tahun Prof. Komaruddin Hidayat

JABAR EKSPRES – Menyambut ulang tahun ke-70 tahun Rektor UIII, Prof. Komaruddin Hidayat, sejumlah penulis yang mempunyai latar belakang akademisi dari berbagai universitas dalam dan luar negeri, membedah masa depan agama dan peradaban manusia dengan meluncurkan sebuah buku yang berjudul “Imajinasi Islam – Pikiran-Pikiran yang Membentuk Masa Depan” Rabu 19 Oktober 2023.

Buku setebal 700 halaman ini bukan hanya kado ulangtahun bagi Prof. Komaruddin Hidayat tapi sekaligus, mengutip pernyataan Prof. Dr. Amin Abdullah, ‘menandai kebangkitan pemikiran Islam pasca-gerakan pembaruan’ Islam di Indonesia.

Beberapa akademisi kelas dunia dan budayawan terkemuka dalam dan luar negeri turut berkontribusi menyumbangkan tulisan dalam buku ini seperti Prof. Abdullah Sahin (UK), Prof. Ahmad T. Kuru (USA), Dr. Farish Noor (Malaysia), Prof. Ann Kull (Swedia), Prof. Sumanto Al Qurtuby (KSA), Prof. Nadirsyah Hosen (Australia), Prof. Muhamad Ali (USA), Prof. Noorhaidi Hasan, Prof. Amelia Fauzia, Prof. Alimatul Qibtiyah, Prof. Mulyadhi Kartanegara, Yudi Latif, PhD, Denny JA, PhD (Indonesia) dan lain-lain.

Baca juga: Sudah Dibuka, Beasiswa BSI Talenta 2023, Bantuan Dana hingga Rp7 Juta!

Sejumlah tokoh muda dan intelektual Indonesia juga ikut menyumbang gagasan dan pemikiran mereka seperti Budhy Munawar-Rachman, Akhmad Sahal, Dr. Neng Dara Affiah, Dr. Gregorius Soetomo SJ, I Ketut Donder, Andar Nubowo, Casthelia Kartika, Irfan Abubakar, M. Alfan Alfian dan lain lain.

Sekretaris UIII, Dr. Chaider S. Bamualim, menjelaskan bahwa buku yang disunting editor Ahmad Gaus AF dan diberi Kata Pengantar oleh Prof. Dr. Siti Ruhaini Dzuhayatin ini merupakan salah satu bukti penghargaan dari berbagai pihak terhadap kepemimpinan Prof. Komaruddin Hidayat yang tidak hanya memimpin UIII sebagai rektor, tetapi juga sebagai pemimpin, pemikir, budayawan, dan intelektual terkemuka.

“Pemikirannya telah mendapatkan pengakuan luas dari berbagai kalangan, baik Muslim maupun non-Muslim. Kami berharap bahwa UIII dapat mewujudkan visi dan gagasan yang diusungnya demi kemajuan masyarakat dan bangsa Indonesia ke depan,” ungkap Dr. Chaider.

Sementara itu, Prof. Amin Abdullah, seorang cendekiawan Muslim Indonesia yang juga sahabat dan kolega dekat dari Prof. Komaruddin Hidayat, menjelaskan bahwa dari peluncuran buku ini, Prof. Komaruddin ingin mengungkapkan bahwa masih banyak masalah yang perlu diperbaiki dari waktu ke waktu, khususnya dari dalam dunia akademik. Menurutnya, saat ini peradaban Islam Indonesia harus banyak dikenal oleh peradaban dunia.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan