5 TPA Terbesar di Indonesia: Ada Bandung, Bali hingga Jakarta

JABAR EKSPRES – Tempat pembuangan akhir (TPA) merupakan salah satu bagian penting dalam penanganan sampah. Beberapa daerah ternyata menjadi wilayah dan volume TPA terbesar di Indonesia.

Tapi, pernah ga kamu berpikir bahwa ada 5 TPA terbesar di Indonesia dengan wilayah dan volume sampah yang besar. Berikut daftar kelima TPA tersebut:

1. TPA Bantargebang

TPA Bantargebang berlokasi di wilayah Bantargebang, Kota Bekasi, Provinsi Jawa Barat. Dengan luas lahan sekitar 110 hektar, setiap harinya TPA ini dapat menampung sampah dari wilayah DKI Jakarta hingga 6500 ton.

2. TPA Jatibarang

TPA Jatibarang merupakan TPA yang terletak di wilayah Kedungpane, Kecamatan Mijen, Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah. Dengan luas lahan sebesar 46 hektar membuat TPA ini mampu menampung sampah dari Kota Semarang hingga 1000 ton per harinya.

BACA JUGA: Dijuluki Gerbang Jawa Barat, Inilah Sejarah Terbentuknya Kota Banjar!

3. TPA Suwung

TPA Suwung merupakan TPA yang terletak di wilayah Sesetan, Kecamatan Denpasar Selatan, Kota Denpasar, Provinsi Bali. Dengan luas lahan sebesar 32 hektar, setiap harinya TPA ini mampu menampung hingga 1000 ton sampah yang berasal dari wilayah Denpasar dan Badung.

4. TPA Sarimukti

TPA Sarimukti merupakan TPA yang terletak di wilayah Sarimukti, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, Provinsi Jawa Barat. Dengan luas lahan sebesar 25 hektar, TPA ini setiap harinya menampung hingga 2000 ton sampah yang berasal dari wilayah Bandung Raya dan Kota Cimahi.

5. TPA Antang

TPA Antang merupakan TPA yang terletak di wilayah Antang, Kecamatan Manggala, Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan. Dengan luas lahan sekitar 19,1 hektar, TPA Antang ini menampung sampah hingga 1000 ton setiap harinya.

Demikianlah 5 TPA terbesar di Indonesia dengan wilayah dan volume sampah yang besar. Yok, mulai pilah pilih sampah sedari rumah agar penanganan sampah di Indonesia dapat teratasi. (*)

BACA JUGA: Cuma Berjarak 4 KM dari Gedung Sate, di Sinilah Titik Tengah Provinsi Jawa Barat

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan