Timbun Sampah Organik, Ada 6 Titik Lubang Pembuangan Baru di Tegalega

JABAR EKSPRES – Penanganan masalah sampah di Kota Bandung terus diupayakan pemerintah. Terbaru, ada rencana pemerintah menyiapkan sejumlah titik yang bakal dijadikan lubang pembuangan.

Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung saat ini tengah menyiapkan titik tersebut di kawasan Tegalega. Dipastikan ada enam titik lubang pembuangan di area tersebut, guna menimbun sampah jenis organik.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung sekaligus Ketua Satgas Penanganan Darurat Sampah Ema Sumarna menyebut, hal itu berguna untuk menangani sampah daun dan sisa makanan.

BACA JUGA: Lubang Sampah Organik di Tegalega Bandung Ditambah

Enam lubang yang disiapkan itu, lanjutnya, bakal digali untuk menimbun sampah organik. Dia memastikan, pembuatan lubang tidak akan merusak tanaman dan pohon di area Tegalega.

“Ini kita temukan ada enam titik yang akan kami jadikan lubang (pembuangan sampah, red),” sebut Ema usai meninjau lokasi tersebut, Rabu (18/10).

“Pohon tetap kita jaga, jangan sampai mengganggu pohon di sana. Tidak boleh ada perubahan fungsi,” tambahnya.

Menurutnya, adanya lubang pembuangan sampah organik dapat menjadi kompos alami yang menyuburkan lahan. Hal ini tampak dari hasil penggalian lubang di lahan sebelumnya.

BACA JUGA: Penanganan Sampah Kota Bandung Tak Becus, GMNI Beri Saran Ini

“Saya tetap konsentrasi mencari lubang di sebelah Utara untuk menimbun sampah daun dan sisa makanan di sana menjadi kompos,” ucap Ema.

“Bahkan (lubang pembuangan sampah) menyuburkan lahan di area tersebut dan itu semuanya untuk sampah organik,” pungkasnya. (zar)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan