Satu-satunya Warga yang Tersisa di Tamansari, Massa Baju Biru Gusur Paksa Rumah Eva

JABAR EKSPRES – Eva Eryani, satu-satunya warga Tamansari yang bertahan menolak pembangunan rumah deret, kini rumahnya digusur oleh massa berbaju biru. Penggusuran tersebut dilakukan bersama dengan Satuan tugas Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Bandung, Rabu, 18 Oktober 2023.

Rumah tersebut merupakan satu-satunya rumah milik warga Tamansari yang masih bertahan di celah-celah proyek rumah deret. Eva dianggap menghalangi warga yang ingin tinggal di rumah deret.

Penggusuran berawal dari aksi massa berbaju biru yang membuka seng pembatas antara fasilitas umum ‘RW 11’, rumah bedeng milik Eva, dan bangunan vertikal. Dalih-dalih ingin segera menempati rumah deret.

BACA JUGA: Pernah Dijanjikan Tuntas 6 Bulan, Warga Desak Rumah Deret Tamansari Segera Bisa Dihuni

“Warga berbaju biru yang mengatasnamakan diri sebagai ‘RW 11’ adalah mereka yang ingin segera menempati rumah deret,” ucap salah satu warga, yang tidak ingin disebutkan identitasnya, yang hadir di lokasi, Rabu, 18 Oktober 2023.

Eva, bersama kuasa hukumnya, Deti Sopandi dari Perhimpunan Bantuan Hukum Indonesia (PBHI) Jawa Barat, berusaha meminta surat tugas dari Satpol PP. Namun, mereka mengacuhkan dan tetap melangsungkan pembongkaran pagar hingga mengeluarkan barang-barang yang ada di dalam rumah milik Eva.

Kondisi rumah Eva Eryani saat terbakar di Tamansari, Kota Bandung, Rabu, 18 Oktober 2023. (Tangkapan Layar)

Tak lama setelah barang-barang dikeluarkan, terlihat asap hitam dari dalam rumah Eva.

Hingga saat ini, warga yang mendukung Eva dan Deti Sopandi tetap bertahan dan menghadang di beberapa titik rumah. Bahkan, beberapa komunitas solidaritas warga, seperti Dago Elos, ikut hadir di lokasi.

Eva hanya ingin tuntutannya dipenuhi oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung. Yaitu, pencabutan kewarganegaraan dan rekognisi, yang hingga kini masih belum dipenuhi.

BACA JUGA: Kisruh Rumah Deret Tamansari Kota Bandung dari Gagal Lelang Sampai Temuan BPK Rp 3,5 Miliar

Eva Menuntut Pemkot Bandung

Penggusuran besar-besaran di Tamansari sudah terjadi sejak 12 Desember 2019 lalu. Hanya menyisakan Eva Eryani, sebagai satu-satunya warga yang bertahan di RW 11, Kelurahan Tamansari, Kecamatan Bandung Wetan, Kota Bandung.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan