Dorong Investasi Ekosistem Bisnis Desa, IPB dan Lapis Bogor Sangkuriang Perkuat Kolaborasi di Sektor Pertanian

JABAR EKSPRES – IPB University dan Lapis Bogor Sangkuriang bergandengan tangan untuk mendorong inovasi dalam ekosistem bisnis desa di wilayah Kota/Kabupaten Bogor. Langkah itu ditandai dengan penandatanganan MoU kedua belah pihak pada Rabu, 18 Oktober 2023.

Rektor IPB University Arif Satria menuturkan, bahwa kolaborasi antara IPB University dan Lapis Bogor Sangkuriang dapat saling melengkapi satu sama lain.

Ia menjelaskan, dalam hal ini tidak hanya mengisi kontribusi dalam ekosistem bisnis, tetapi juga menciptakan ekosistem yang saling melengkapi untuk memberikan manfaat maksimal bagi para petani talas, pelaku usaha lokal, dan masyarakat secara luas.

Nantinya IPB University akan menjadi jembatan produksi bahan baku atau tepung talas dengan melibatkan para petani di lingkungan kampus. Sedikitnya, ada 23 wilayah yang akan dibina dengan target produksi 200 kilogram tepung berkualitas tinggi dalam sepekan.

BACA JUGA: ODGJ Ngaku Fans Jokowi dan Megawati, Tabrak Truk Tronton hingga Hancur

“Melalui kerja sama ini, kami berharap dapat membentuk kesinambungan antara bisnis, riset, dan komunitas. Kami percaya bahwa semangat yang sama akan membantu mencapai tujuan dan inovasi yang lebih besar di masa depan,” kata Arif disela-sela kegiatan di Gerai Lapis Bogor Sangkuriang, Jalan Raya Dramaga, Kota Bogor.

Founder dan Owner Lapis Bogor Sangkuriang Rizka Wahyu Romadhona, menyampaikan dengan terjalin kerja sama itu dapat membuka peluang mutualisme yang kuat antara berbagai pihak.

Menurutnya, sebagai leading sektor dalam bisnis olahan Talas, Lapis Bogor Sangkuriang akan mendapatkan akses yang lebih baik terhadap bahan baku berkualitas tinggi dari para petani.

Di sisi lain, para petani talas akan mendapatkan dukungan pemberdayaan dalam praktik penelitian pertanian yang lebih baik dari IPB University, pelatihan, dan akses pasar yang lebih luas melalui kolaborasi tersebut.

“Penandatanganan MoU ini menunjukkan komitmen Lapis Bogor Sangkuriang dan IPB University untuk meningkatkan produktivitas, efisiensi, dan keberlanjutan ekonomi masyarakat desa dalam skala yang lebih luas,” paparnya.

BACA JUGA: Angin Kencang Robohkan Tembok Rumah Sakit Depok, Begini Kondisinya

Rizka mengungkapkan, dalam kerjasama ini juga pihaknya sepakat menyediakan fasilitas ‘Pojok UMKM IPB’ di gerai-gerai Lapis Bogor Sangkuriang sebagai akses pemasaran dan wadah promosi bagi produk-produk UMKM hasil binaan IPB.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan