Kesiapan Pengamanan Pemilu, Polresta Bandung akan Turunkan 2000 Personel Gabungan

JABAR EKSPRES – Dalam rangka pengamanan menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, Polresta Bandung menggelar apel pasukan Operasi Mantap Brata Lodaya 2023-2024 di Dome Bale Rame, Soreang, Kabupaten Bandung. Selasa (17/10/2023).

Kapolresta Bandung, Kombes Pol Kusworo Wibowo mengatakan, dalam apel pasukan ada 2000 personel yang akan diturunkan dari berbagai unsur.

“Jumlah personil yang diturunkan Polri 1.700 ditambah dari unsur lainnya TNI 400 personil dan dari Satpol PP, Dishub, Damkar, Linmas dan Lain sebagainya,” ujar Kusworo saat ditemui di lokasi, Selasa (17/10/2023).

“Kerawanan nantinya tentu banyak faktor, seperti fanatisme berlebihan, perbedaan pendapat antar pendukung dan hal itu akan terus dipantau,” katanya.

Meski begitu, Kusworo pun menginginkan hal-hal yang menjadi pemicu pada pemilu nanti sebisa mungkin dapat dihindari.

Terlebih kepolisian pun akan mengantisipasinya dengan Cooling System agar tetap menciptakan suasana sejuk dan damai.

“Sebisa mungkin, dengan Cooling System kami Polri menciptakan suasana yang sejuk, damai, adem, tidak ada saling hujat dan mengejek serta tidak perlu politik menjelek-jelekan tapi cukup dengan menginformasikan kualitas diri,” tuturnya.

Adapun terkait pemetaan personel di Kabupaten Bandung, Kusworo menyebut nantinya para personil akan ditempatkan sesuai dengan indeks kerawanan di wilayah.

“Penempatan personil Polri nantinya dalam tantangan geografis saja dan anggota terus memonitor keadaan di wilayahnya,” terangnya.

Operasi Mantap Brata Lodaya 2023 – 2024 akan dilaksanakan mulai tanggal 19 Oktober 2023 sampai 31 Desember 2023, dan akan dilanjutkan di tahun 2024 mulai 1 Januari 2024 sampai nantinya terlaksana satu atau dua putaran.

Writer: Agi

Tinggalkan Balasan