Timnas Swedia Tidak Lanjutkan Pertandingan Lawan Belgia Usai Insiden Penembakan Dua Warga Swedia

JABAR EKSPRES- Sebuah insiden penembakan yang mengakibatkan dua orang tewas terjadi selama pertandingan Kualifikasi EURO 2024 Grup F antara Belgia vs Swedia di Stade Roi Baudoin, pada Selasa (17/10/2023) waktu setempat.

Pertandingan berjalan dengan lancar hingga babak pertama berakhir. Swedia memimpin terlebih dahulu pada menit ke-15 melalui gol yang dicetak oleh Viktor Gyokeres. Namun, Belgia berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-30 ketika Romelu Lukaku dengan sempurna menjalankan tugasnya sebagai eksekutor penalti untuk mencetak gol melalui tendangan penalti.

BACA JUGA: Prediksi Skor Indonesia vs Brunei, Shin Tae Yong Siap Lakukan Rotasi Pemain

Namun, suasana bertambah suram ketika perangkat pertandingan memutuskan untuk menunda pertandingan menjelang dimulainya babak kedua. Kabar mengenai penembakan yang mengakibatkan dua penggemar Swedia tewas menyebar cepat.

Keputusan yang sangat penting diambil untuk menjaga keamanan: tim nasional Belgia dan Swedia bersama-sama sepakat untuk menghentikan pertandingan guna menghindari terjadinya korban tambahan.

Hingga saat ini, belum ada informasi resmi dari pihak kepolisian mengenai kasus penembakan ini. Laporan-laporan dari media-media di Eropa menunjukkan bahwa penembakan tersebut tampaknya ditargetkan pada pendukung Swedia. Dua orang tewas dalam insiden tersebut, dan beberapa lainnya mengalami luka-luka. Pihak keamanan kemudian memutuskan untuk menahan seluruh penonton di dalam stadion selama beberapa jam. Mereka baru diizinkan meninggalkan stadion setelah situasi terasa lebih aman.

Saat penonton mulai meninggalkan stadion, beberapa individu yang diduga merupakan petugas keamanan meminta mereka, “Jika kalian bisa, silakan sembunyikan jersei Swedia kalian.” Situasi ini sangat mengganggu para pemain Swedia, dengan Victor Lindelof mengungkapkan ketidakpercayaannya bahwa para penonton harus melepas atau menyembunyikan jersei mereka. “Kami tidak dapat melanjutkan pertandingan dalam situasi seperti ini. Ini mengerikan, membayangkan bahwa orang-orang dapat tewas hanya karena mengenakan jersei Swedia di jalanan,” ujarnya seperti yang dikutip dari laporan Record.

Mendengar berita tersebut, para pemain Swedia bersikeras untuk tidak melanjutkan pertandingan, dan timnas Belgia setuju dengan keputusan tersebut.

UEFA telah mengumumkan dalam situs web resmi mereka bahwa “pertandingan dihentikan selama jeda babak pertama atas pertimbangan keamanan. Informasi lebih lanjut akan disampaikan dalam waktu berikutnya.”

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan