Techno Park Cimahi Jadi Peluang Ekraf Anak Muda

JABAR EKSPRES – Techno Park Kota Cimahi menjadi wadah kreatif bagi anak muda dalam mengembangkan kreativitas dan menciptakan ruang ekonomi kreatif. Terutama bagi pelajar yang ingin memperdalam dunia digital kreatif.

Pengelola Techno Park Kota Cimahi Agus Lukman, menyebutkan bahwa saat ini profesi yang sedang tren menjadi acuan bagi anak muda adalah pekerjaan yang berhubungan dengan digital kreatif.

“Zaman sekarang, saya melihat semuanya sudah mengarah ke industri kreatif. Dunia digital sekaarng lebih fokus lagi, seperti msialnya konten kreator,” ucap Agus saat ditemui Jabar Ekspres, Senin, 16 Oktober 2023.

BACA JUGA: Upaya Tingkatkan Ekonomi, Cimahi Jadikan BITC Wadah Industri Kreatif

Tujuan meningkatkan kreativitas pada masyarakat, guna memberikan wadah atau lapangan pekerjaan. Techno Park sendiri memiliki mentor-mentor yang sukses di dunia industri kreatif.

“Kita punya mentor-mentor yang bergerak di bidangnya masing-masing. Dulu juga mentor itu kita bina di sini. Mereka sudah bisa memberikan gambaran dunia digital kreatif,” terangya.

Menurut salah satu siswa SMKN 1 Cimahi yang tergabung dalam Techno Park, Tegar Saputra (17), selama sembilan bulan berkiprah di dunia desain membuat dirinya semakin berkembang, terutama dalam segi ekonomi.

BACA JUGA: Sejarah Lengkap Observatorium Bosscha: Bangunan Penting Perkembangan Astronomi Indonesia dan Asia Tenggara

“Kalau untuk pelatihannya sih sangat membantu. Dulu kan belum punya tujuan waktu baru lulus. Sekarang waktu ada pelatihan, bener-bener membantu banget,” ungkap Tegar.

Techno Park Kota Cimahi pun lebih bercondong kepada anak-anak SMK kelas 3 yang memiliki kewajiban PKL. Melalui seleksi yang cukup ketat, setelahnya barulah dapat bergabung di Techno Park.

“Mereka harus mengirimkan karyanya dulu. Setelah lolos, baru lah mereka mendapatkan latihan dasar. Setelah itu, mereka menimba ilmu bersama mentor-mentor,” terang Agus. (Firman)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan