7 Cara Mengatasi Jet Lag, Buat Anda yang Suka Melancong ke Luar Negeri!

JABAR EKSPRES- Saat ini, mengatasi jet lag semakin penting seiring dengan meningkatnya perjalanan internasional. Globalisasi dan konektivitas yang cepat, memiliki banyak manfaat, tetapi juga memiliki beberapa kekurangan, salah satunya adalah jet lag.

Jet lag terjadi ketika seseorang melakukan perjalanan cepat melintasi zona waktu yang berbeda, mengakibatkan ketidakseimbangan ritme sirkadian tubuh yang mengatur pola tidur dan bangun kita.

Ini dapat dipicu oleh berbagai faktor, termasuk eksposur terhadap sinar matahari, perubahan suhu, dan hormon tubuh.

Secara umum, jet lag akan hilang ketika tubuh kita berhasil menyesuaikan diri dengan zona waktu baru, tetapi dalam beberapa kasus, seperti perjalanan yang melibatkan perubahan zona waktu yang drastis, jet lag bisa berlangsung lebih lama.

 

Untuk membantu Anda mengatasi jet lag, berikut ini ada 7 tips yang teruji:

  1. Berjemur: Paparan sinar matahari dapat membantu mengurangi kadar melatonin dalam tubuh, yang memengaruhi rasa kantuk. Ini bisa membantu Anda beradaptasi dengan zona waktu yang baru.
  2. Minum Kopi: Meskipun kopi tidak akan menghilangkan jet lag secara langsung, minum kopi dapat membantu Anda tetap terjaga dan waspada selama beberapa hari pertama hingga tubuh beradaptasi.

Baca juga: Manfaat Madu untuk Tubuh, Menyehatkan Serta Banyak Khasiatnya

  1. Tetap Terhidrasi: Konsumsi air yang cukup sangat penting saat melakukan perjalanan jauh, menghindari dehidrasi yang bisa memperburuk gejala jet lag.
  2. Tidur yang Cukup: Pastikan Anda mendapatkan tidur yang cukup, terutama jika Anda melakukan perjalanan malam. Gunakan penutup mata dan headphone peredam suara jika lingkungan terlalu terang atau berisik.

Baca juga: Menjelajahi Wisata Alam Gratis di Bandung Cocok untuk Healing

  1. Beradaptasi dengan Zona Waktu Baru: Cobalah secepat mungkin beradaptasi dengan zona waktu baru, termasuk perubahan jadwal tidur dan makan.
  2. Suplemen Melatonin: Dalam kasus ekstrim, suplemen melatonin dapat membantu Anda tidur lebih baik dan beradaptasi dengan zona waktu baru. Konsultasikan dengan dokter sebelum menggunakannya.
  3. Perawatan Profesional: Jika gejala jet lag berlanjut selama lebih dari satu atau dua minggu dan mengganggu kesejahteraan Anda, segera konsultasikan ke dokter.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan