Berdayakan UMKM, Ribuan Buruh Serbu Ganjar Buruh Goes to Pabrik di Subang

SUBANGSukarelawan Ganjaran Buruh Berjuang (GBB) mengadakan program ‘GBB Goes to Pabrik’. Kali ini, GBB hadir di PT. Pan Pacific Nesia (PPN), Subang, Jawa Barat, dengan melibatkan UMKM di wilayah sekitar. UMKM itu berjualan berbagai makanan dan minuman, seperti nasi dan lauk pauknya.

Ketua Umum GBB Lukman Hakim mengatakan, pihaknya mengundang para pedagang UMKM untuk menjual dagangannya di pelataran perusahaan, sembari GBB juga menyediakan stand untuk usaha. Lebih dari 2.000 buruh di perusahaan tersebut, GBB berharap dagangan UMKM dapat meningkat penjualannya.

“GBB Goes to Pabrik, kali ini mengunjugi buruh PT PPN pan, ada 2.300 yang ikut terlibat pada hari ini. Kami mengadakan acara bazar di sini untuk mereka (buruh) membeli makan dan minum di sini,” ujar Lukman, Jumat (13/10/2023).

Sementara Jenderal (Sekjen) GBB Kelik Ismunanto menambahkan, GBB akan terus melakukan kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat Indonesia, khususnya para buruh, keluarga buruh, baik buruh formal maupun informal.

“Kami memberdayakan ekonomi dari masyarakat yang juga hidup di lingkungan pabrik ini. Kami yakin bahwa apa yang kami lakukan ini sangat diterima oleh para buruh,” katanya.

Sementara Pembina Serikat Pekerja Tingkat Perusahaan (SPTP) PT. Pan Pacific Nesia, Munawar mengapresiasi GBB dalam pelibatan pelaku UMKM ini. Menurutnya, pelibatan UMKM ini sangat bermanfaat bagi buruh hingga pedagang.

“Alhamdulillah, bermanfaat banget, karena disamping buruh dari pabrik, ada buruh pedagang juga,” ucap Munawar didampingi Ketua SPTP PT. Pan Pacific Nesia, Andi Galib seusai kegiatan.

Sementara seorang pedagang, Ujang mengaku pendapatannya meningkat dengan adanya program GBB tersebut.

“Ya terbantu, bermanfaat. Saya doakan Pak Ganjar jadi presiden,” ucapnya.

‘Lautan Putih’, Siap Menangkan Ganjar Presiden 2024

Dalam acara itu, lebih dari 2 ribu buruh mengenakan kaus putih bergambar wajah Ganjar Pranowo saat bekerja di PT. Pan Pacific Nesia. Dalam momen langka ini, perusahaan garmen ini seakan ‘diputihkan’ oleh para buruh yang memilih mengenakan kuos tersebut.

Mereka mengenakan kaus bergambar wajah Ganjar, bertuliskan ‘Tuanku ya Rakyat’ hingga ‘Ganjar untuk semua’. Ganjar memang berprinsip ‘Tuanku ya Rakyat’ dan mengabdikan dirinya kepada semua kalangan rakyat Indonesia.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan