Dinkes KBB Akan Optimalkan Peran UKS untuk Mencegah Kasus Keracunan

Jabar Ekspres – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bandung Barat (KBB) akan kembali mengaktivasi Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) pada tahun 2024 mendatang. Hal itu menyusul maraknya kasus keracunan makanan yang disebabkan oleh jajanan di lingkungan sekolah.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung Barat, Hernawan Widjayanto mengatakan, pada tahap awal, pihaknya akan berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan (Disdik) untuk mengintervensi sekolah-sekolah di Bandung Barat agar mengoptimalkan kembali UKS.

BACA JUGA: Dinkes Jabar Tanggapi Keracunan Massal yang Berulang di KBB

“Solusi kedepannya, kita bersama-sama dengan Dinas Pendidikan (Disdik) KBB akan menggebyarkan kembali upaya kesehatan sekolah di lingkungan sekolah,” katanya saat ditemui, Kamis (12/10/2023).

Menurutnya, program kesehatan itu bertujuan untuk mewujudkan lingkungan sekolah yang sehat, kuat, dan cerdas berkarakter. UKS sebagai salah satu cara untuk mempromosikan perilaku hidup bersih dan sehat di sekolah.

“Jadi nanti pihak sekolah itu bekerjasama dengan Puskesmas yang ada di daerah, namun dalam konsep pembinaan,” katanya.

Lebih lanjut ia mengatakan, dengan metode edukasi yang masif kepada pihak sekolah dan siswa setidaknya dapat meminimalisir risiko keracunan yang diakibatkan oleh makanan.

“Tetapi mulai kemarin pun kita sudah instruksikan untuk segera turun ke sekolah untuk melakukan edukasi terkait kesehatan dan kebersihan lingkungan sekolah,” katanya.

BACA JUGA: Lagi-lagi Keracunan Massal Terjadi di Bandung Barat, OPD Kembali Kecolongan

Ia menegaskan, edukasi tersebut juga akan menyasar kepada para pedagang yang ada di lingkungan sekolah. Dengan begitu, edukasi tersebut menyentuh seluruh kalangan yang ada.

“Kita pun mungkin akan melakukan edukasi kepada para pedagang baik dari sisi kebersihan dan pengolahan bahan makanan serta penyajian yang baik,” tandasnya. (Mg5)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan